20 Fakta Bunga Matahari yang Unik dan Menarik

Fakta Bunga Matahari - Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annuus L. Salah satu ciri khas yang melekat pada bunga tersebut adalah selalu menghadap ke arah matahari. Biasanya, bunga ini ditanam sebagai tanaman hias. Yuk, pelajari lebih dalam dengan menyimak fakta bunga matahari berikut ini.

Banyak fakta unik yang belum Anda ketahui tentang bunga matahari. Tanaman hias ini dapat menghasilkan minyak yang bagus dan memiliki banyak khasiat. Warna bunganya yang kuning cerah memiliki daya tarik tersendiri.

Fakta Bunga Matahari

1. Bunga matahari terdiri atas banyak bunga yang cantik

Bagian bunga matahari terdiri atas kelopak yang berwarna kuning, lalu bagian tengahnya berwarna coklat. Jumlah kelopak bunganya sebanyak 2.000 buah yang mana kelopak tersebut yang membentuk struktur bunga seperti bentuk matahari.

2. Waktu memanen bunga matahari adalah di pagi hari

Bunga matahari banyak dimanfaatkan untuk membuat rangkaian bunga dan untuk menghias ruangan. Agar bunga tampak segar dan indah maka Anda dianjurkan untuk memetik bunga di pagi hari.

3. Bunga yang berasal dari Amerika

Bunga matahari telah dibudidayakan di Amerika Utara sejak 3000 SM. Bunga tersebut banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan, makanan, minyak dan pewarna. Pada tahun 1500 bunga matahari diekspor ke berbagai penjuru dunia hingga tibalah bunga tersebut ke Indonesia.

4. Biji bunga matahari yang kering dapat dimanfaatkan sebagai umpan burung

Biji bunga matahari atau yang populer dikenal dengan istilah kuaci ini selain dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan ternyata juga dapat digunakan untuk umpan burung.

5. Jumlah biji di dalam bunga matahari

Di dalam bunga matahari, Anda dapat menjumpai biji sebanyak 1.000 hingga 2.000 biji. Anda dapat memanen dan mengolah biji menjadi makanan yang siap untuk dikonsumsi.

6. Bunga matahari tertinggi

Bunga matahari paling tinggi di dunia hingga mencapai 30 kaki 1 inci. Bunga matahari tersebut berada di Jerman yang ditanam oleh Hans Peter Schiffer. Beliau telah mendapatkan rekor kedua.

7. Spesies bunga matahari

Di dunia ini, Anda dapat menjumpai 70 spesies bunga matahari. Bunga tersebut memiliki genus Helianthus yang merupakan bahasa Yunani yang artinya bunga matahari. Masing-masing spesies memiliki bentuk yang berbeda-beda.

8. Mampu menyerap radiasi nuklir

Selain wujudnya yang cantik, bunga matahari ternyata dapat menyerap racun. Hal ini seperti yang dilakukan di Jepang saat terjadi bencana tsunami yang membuat reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di sana rusak. Warga setempat menanam jutaan bunga matahari untuk mengatasi permasalahan tersebut.

9. Mengobati berbagai macam penyakit

Bunga matahari ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat. Contohnya adalah di Meksiko, bunga tersebut dipakai untuk mengatasi rasa nyeri di dada. Selain itu, bangsa Cherokee menggunakan bunga matahari sebagai infus dan daunnya dimanfaatkan sebagai obat ginjal.

10. Bermanfaat untuk membersihkan berbagai peralatan

Bunga matahari dapat Anda jadikan sebagai bunga multifungsi. Anda dapat mengosongkan biji bunga matahari dan menggunakan kepala bunga sebagai bantalan untuk alat bersih-bersih.

Fakta Bunga Matahari Lainnya

11. Penanaman bunga matahari membutuhkan ruang yang luas dan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh maksimal dan bunganya mekar dengan sempurna.

12. Bunga matahari dalam bahasa perancis berarti tournesol yang artinya berbelok ke arah matahari.

13. Di Filipina, bunga matahari dikenal dengan istilah mirasol.

14. Di Jepang, bunga matahari dikenal dengan istilah himawari.

15. Bunga matahari menjadi bunga nasional di negara Ukraina.

16. Bunga matahari menghasilkan minyak yang kaya akan manfaat. Contohnya mengandung asam linoleat yang bagus untuk memelihara kesehatan.

17. Anda dapat menggunakan minyak bunga matahari untuk menggoreng.

18. Minyak bunga matahari juga dapat dimanfaatkan untuk campuran salad.

Bunga matahari ternyata menyimpan banyak fakta menarik yang baru saja Anda ketahui. Banyak yang menjadikan bunga matahari sebagai bunga kesukaan untuk menghiasi taman di depan rumah. Bunga tersebut memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan bunga lainnya dan kaya akan manfaat.

Istilah bunga matahari diambil berdasarkan warnanya yang kuning seperti warna cahaya matahari. Salah satu aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari yaitu digunakan sebagai karangan bunga yang dapat mempercantik ruangan dan lain-lain.