Fakta.id

Contoh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 dan Cara Membuatnya

Mendy - 17-08-2023 07:14
Contoh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 dan Cara Membuatnya
Contoh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 dan Cara Membuatnya

Para guru perlu memahami pengertian kompetensi dasar, cara membuat, dan contoh pemetaan KD kelas 5 semester 1 yang benar dan sederhana.

Contents [ Buka ]

Kompetensi merupakan kemampuan mendasar yang dapat diwujudkan siswa dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ada banyak pemetaan KD yang bisa dilakukan oleh guru, termasuk pemetaan KD Kelas 5 Semester 1.

Setiap unsur kompetensi dasar tersebut memuat seperangkat keterampilan yang harus dimiliki siswa pada mata pelajaran tertentu sebagai acuan untuk pembuatan indikator kompetensi. Keterampilan dasar (KI) dan keterampilan dasar (KD) pada tingkat satuan sekolah dasar (SD) merupakan bagian terpenting dalam perancangan bahan ajar.

Tugas CD kurikulum 2013 SD ini merupakan awal dari proses pengajaran yang akan dilaksanakan di RPP kurikulum 2013 satuan pendidikan dasar. Nah, untuk para guru yang masih bingung dalam pembuatan KD tersebut, kami berikan penjelasannya di sini.

Pengertian Kompetensi Dasar

Bagi guru, tugas keterampilan dasar atau KD bukanlah hal yang aneh. Namun, tidak semua guru mengetahui kegiatan ini dengan benar. Pemetaan KD mempunyai tujuan sebagai berikut.

  1. Mencari persimpangan antara KD dengan proyek umum.
  2. Mengeksplorasi KD untuk bisa menemukan konten yang tepat sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Dalam pembuatan KD, guru harus menyiapkan draft KD, materi, sistem pemberian nilai, pembelajaran, penggunaan waktu, dan sumber belajar. Bagian ini dilanjutkan dengan pembuatan RPP, penilaian, dan bahan ajar.

Pembuatan Pemetaan Kompetensi Dasar

Ada beberapa langkah yang bisa digunakan dalam membuat pemetaan KD Kelas 5 semester 1.

Pembuatan Jaringan tematik atau Pemetaan Indikator

Topik pembelajaran tematik berfungsi sebagai alat yang menghubungkan standar kompetensi setiap mata pelajaran. Topik dapat ditentukan oleh guru dan/atau bersama-sama dengan siswa. Dalam konteks ini, dalam mendefinisikan suatu topik, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Memperhatikan lingkungan yang paling dekat dengan siswa.
  2. Mari kita mulai dari yang termudah hingga tersulit.
  3. Dari yang sederhana sampai yang kompleks
  4. Dari konkret ke abstrak.
  5. Topik yang dipilih harus memfasilitasi proses berpikir pada siswa.
  6. Cakupan mata pelajaran disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan dan kemampuan siswa. Cakupan rangkaian topik tidak boleh terlalu luas dan dapat diterjemahkan ke dalam sub-sub topik yang lebih tepat dan konkret. Tema atau subtema anak tersebut kemudian dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi materi/isi pembelajaran.

Pembuatan Kisi-kisi Topik

Ada tiga fase pembuatan kisi-kisi topik tersebut.

  1. Fase pertama adalah dengan membuat desain. Desain tersebut dibuat oleh guru dan menjadi hal yang paling penting.
  2. Fase kedua mengharuskan guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan permasalahan.
  3. Fase ketiga adalah memadukan mata pembelajaran tematik dengan pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Agama, IPA, Olahraga, dan Pelajaran Seni.

Setelah pemetaan, jaringan tematik dapat dibuat. Contohnya adalah Kompetensi Inti dapat digabungkan dengan indikator kinerja. Jejaring tematik ini memungkinkan untuk melihat keterkaitan antara topik, keterampilan dasar, dan indikator dari setiap topik.

Kompetensi inti dan materi yang tersebar dalam setiap topik dapat menyebabkan pemahaman yang parsial dan tidak terintegrasi, sekalipun memiliki jaringan topik kompetensi inti yang saling berhubungan dengan tema yang sama.

Contoh Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1 yang Sederhana

Setelah memahami cara pembuatan KD, Anda bisa mengetahui contoh-contoh KD untuk kelas 5 semester 1. Berikut adalah beberapa contoh sederhananya yang mudah untuk diaplikasikan pada pembelajaran di kelas.

Pemetaan KD Kelas 5 Tema Organ Gerak

NO

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

1

PPKn

3.1

Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

2

Bahasa Indonesia

3.1

Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.1

Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.1

Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

5

Seni Budaya dan Prakarya

3.1

Memahami gambar cerita

  1. Kompetensi Dasar Kelas 5 Semester 1 Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan

NO

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

1

PPKn

3.2

Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

2

Bahasa Indonesia

3.2

Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.2

Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.3

Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

5

Seni Budaya dan Prakarya

3.1

Memahami gambar cerita

6

Seni Budaya dan Prakarya

3.2

Memahami tangga nada

7

Seni Budaya dan Prakarya

3.3

Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

KD Kelas 5 SD Tema Makanan Sehat

NO

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

1

PPKn

3.3

Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

2

Bahasa Indonesia

3.4

Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.3

Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.2

Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

5

Seni Budaya dan Prakarya

3.2

Memahami tangga nada

6

Seni Budaya dan Prakarya

3.3

Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

7

Seni Budaya dan Prakarya

3.4

Memahami karya seni rupa daerah

KD Semester 1 Kelas 5 Tema Sehat Itu Penting

NO

MATA PELAJARAN

KOMPETENSI DASAR

1

PPKn

3.2

Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

2

Bahasa Indonesia

3.6

Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan

3

Ilmu Pengetahuan Alam

3.4

Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

4

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.2

Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

5

Seni Budaya dan Prakarya

3.1

Memahami gambar cerita

6

Seni Budaya dan Prakarya

3.2

Memahami tangga nada

7

Seni Budaya dan Prakarya

3.3

Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

Dengan memahami pemetaan KD untuk kelas 5 semester 1 tersebut, para pengajar bisa memberikan pembelajaran yang optimal kepada para siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

Pengajar juga bisa melakukan download pemetaan KD kelas 5 semester 1 lainnya untuk mendapatkan lebih banyak referensi. Jangan lupa juga untuk memahami pembuatan kompetensi dasar dengan benar. Perhatikan progress belajar para siswa untuk bisa membuat KD yang sesuai dengan cara belajar mereka.

Editor: Jinan Vania Barizky

TAGS