7 Fakta Kematian Dokter yang Merawat Pasien Virus Corona - Fakta.id

7 Fakta Kematian Dokter yang Merawat Pasien Virus Corona

Last Updated 2020-01-25T10:20:37+00:00

Selamat datang di Fakta.id yang kali ini akan membahas tentang fakta peristiwa atas meninggalnya seorang dokter karena merawat pasien virus corona. Virus corona sudah membuat banyak orang menjadi khawatir karena sangat berbahaya dan mematikan serta mudah sekali menular lewat udara.

Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang meninggalnya sang dokter karena merawat pasien virus corona tersebut:

1. Meninggal di Provinsi Hubei, China

Meninggal di Provinsi Hubei, China


Salah satu dokter yang ikut merawat pasien virus corona itu dilaporkan meninggal dunia di Provinsi Hubei, China. Seperti diketahui bahwa Hubei merupakan kota yang diisolasi oleh pemerintahan China.

2. Dokter Berusia 62 Tahun

Dokter Berusia 62 Tahun


Fakta kedua mengenai peristiwa ini yaitu dokter tersebut diketahui sudah berusia 62 tahun. Hal ini membuat semakin dipercaya bahwa virus corona identik menyerang manusia yang berusia di atas 40 tahun.

Dokter yang meninggal dunia itu sudah dipastikan bahwa meninggal karena terjangkit virus corona.

Baca juga: (Fakta 10 Negara yang Resmi Dinyatakan Terinfeksi Virus Corona)

3. Dokter yang meninggal dunia itu bernama Liang Wudong

Dokter yang meninggal dunia itu bernama Liang Wudong


Berdasarkan informasi yang Fakta.id dapatkan dari Channel News Asia dan Reuters, dokter yang telah gugur itu bernama Liang Wudong. Ia merupakan seorang dokter yang memang bertugas di Rumah Sakit Xinhua Hubei.

Ia berada di garis terdepan untuk memerangi virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

4. Kematiannya diberitakan di Televisi Nasional China

Kematiannya diberitakan di Televisi Nasional China

Kabar meninggalnya Liang di usia 62 tahun juga turut dikabarkan oleh televisi nasional China, Global Television Network (CGTN).

"Liang Wudong, seorang dokter di Rumah Sakit Xinhua Hubei yang ada di garis depan peperangan #CoronavirusOutbreak di Wuhan, meninggal dunia karena virus itu pada usia 62 tahun," laporan dari CGTN.

5. Liang merupakan Dokter Bedah

Liang merupakan Dokter Bedah


Menurut informasi yang ditemukan oleh tim Fakta.id dari ThePaper.cn dan dilansir oleh South China Morning Post, Liang merupakan seorang dokter bedah di rumah sakit tersebut.

6. Terinfeksi virus sudah satu minggu

Terinfeksi virus sudah satu minggu


Liang dikabarkan telah terinfeksi virus corona sejak satu minggu kemarin. Ia kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan untuk bisa mendapatkan perawatan medis yang lebih lengkap.

7. Kematian pertama di kalangan profesional

Kematian pertama di kalangan profesional


Meninggalnya Liang ini menjadi kematian pertama yang berasal dari kalangan profesional medis sejak virus corona menyerang China. Sampai dengan saat ini, tercatat sudah lebih dari 1.287 orang terinfeksi virus berbahaya ini. Selain itu juga ada 41 orang yang meninggal dunia karena virus corona ini.

Gejala dari penyakit virus corona ini diantaranya seperti demam, sesak nafas dan batuk-batuk serta ada juga yang mengalami sakit tenggorokan.