15 Fakta Matahari, Inti Galaksi dan Bintang Terbesar - Fakta.id

15 Fakta Matahari, Inti Galaksi dan Bintang Terbesar

Last Updated 2019-12-12T05:55:54+00:00
15 Fakta Matahari, Inti Galaksi dan Bintang Terbesar

Fakta Matahari - Beragam fakta matahari nampaknya tidak akan habis jika dibahas dalam semalam. Pasalnya selain sebagai inti dari galaksi Bima Sakti dan sebagai pusat tata surya, matahari juga memiliki beberapa peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. 

Akan tetapi sebelum membahas tentang beberapa fakta menarik tentang matahari, akan dijelaskan lebih dulu beberapa hal secara umum.

Fakta Matahari
Matahari

Matahari bisa terlihat dari bumi pada siang hari atau ketika bumi berotasi menghadap ke bagian pusat tata surya. Matahari terlihat menggantung di atas langit dan berwarna kuning cerah hingga kemerahan. Ada hal yang memengaruhi warna matahari, di antaranya adalah karena matahari berupa bola api yang memiliki suhu tinggi dan juga gaya gravitasi yang kuat.

Fakta Matahari, dari Bentuk Fisik hingga Jaraknya dengan Bumi

1. Bentuk dan Ukuran Matahari

Matahari berbentuk bola api berukuran raksasa dengan lidah api yang menyambar-nyambar. Kobaran api di dalam matahari tidak pernah padam dan suhunya sangat panas. Bahkan suhu di permukaan matahari diperkirakan mencapai jutaan derajat Celcius.

Ukuran diamemeter matahari mencapai 110 kali lipat dari diameter bumi atau lebih tepatnya sebesar 1,4 juta kilometer. Karena diameter yang sangat luas, tentunya matahari memiliki volume yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan bumi, volume matahari adalah 1 juta kali lipat dari volume planet bumi.

2. Suhu Matahari

Matahari yang merupakan bola api terbesar tentunya memiliki suhu yang sangat tinggi. Jika kita yang berada di bumi bisa sangat merasa kepanasan ketika berlama-lama di bawah terik matahari padahal jarak antara bumi dan matahari sangatlah jauh, kira-kira berapa suhu pada matahari?

Lapisan terluar matahari memiliki suhu yang terendah yaitu 5.500 derajat Celcius sedangkan bagian intinya bisa mencapai 15 juta derajat Celsius!

3. Arah Rotasi dan Gerakan Matahari

Matahari memiliki arah pergerakan yang berbeda dari bumi. Jika bumi berotasi dari arah timur ke barat maka matahari pada arah sebaliknya yaitu dari arah barat ke timur. Matahari memerlukan sekitar 225 juta tahun untuk bisa berevolusi atau mengelilingi pusat galaksi.

4. Usia Matahari

Diperkirakan, usia matahari di zaman ini ialah 4,6 milyar tahun. Di mana setiap detiknya, 4 juta ton hydrogen dikonsumsi matahari.

5. Cahaya Matahari

Diketahui, cahaya matahari akan memerlukan waktu sekitar 8 menit atau 480 detik untuk bisa sampai ke bumi.

6. Hitungan Matahari

Jika dihitung, satu hari ketika ada di matahari, akan sama dengan sekitar 24,5 hingga 34 hari saat Anda berada di bumi.

7. Bagian Matahari

Menurut pengamatan, semua yang ada di matahari atau seluruh bagian matahari adalah gas. Gas ini tidak punya permukaan yang berbentuk atau padat.

8. Jarak Matahari

Diketahui, jarak matahari ke pusat galaksi yakni Bima Sakti adalah sekitar 30 ribu tahun cahaya.

9. Berat Benda di Matahari

Untuk berat benda sendiri, saat berada di bumi berat benda itu adalah 50 kg, maka saat dibawa ke matahari benda itu bisa mencapai 1356 kg. Dengan catatan di bawa ke permukaan matahari.

10. Gravitasi Matahari

Dari penelitian yang ada, gravitasi yang ada di matahri besarnya 28 kali lebih besar dari yang ada di bumi.

Fakta Matahari Lain yang Mungkin Terlewat

11. Matahari akan bergerak dengan kecepatan hingga 220 km per detik saat mengorbit inti dari galaksi.

12. Matahari adalah sebuah bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi

13. Matahari merupakan obyek atau benda langit paling besar di tata surya.

14. Matahari mengandung arus sehingga menghasilkan medan magnet

Deretan fakta matahari ini tentu membuat Anda makin paham betapa luar biasanya alam semesta tercipta. Tentang bagaimana tatanan di galaksi hingga matahari, bumi dan planet lain bisa saling bersinergi untuk terus beputar.

Dengan memahami itu, Anda juga akan makin paham karakteristik tiap-tiap benda angkasa, salah satunya matahari, Tentang bentuk dan juga sifat-sifatnya dalam tata surya, Sungguh menarik bukan mengulasnya secara lebih dalam. Selain matahari, ada baiknya anda juga mencoba memahami benda-benda angkasa yang lainnya.