17 Fakta Dinosaurus yang Telah Ditemukan Sebagai Penyebab Kepunahannya

Fakta Dinosarurs - Hewan purba yang berukuran raksasa dan dikenal sebagai makhluk pertama yang menghuni bumi tentu telah diketahui semua orang. Dinosaurus, keberadaannya kini sudah tidak dapat ditemukan karena sudah punah. Tetapi mungkin tidak semua orang mengetahui berbagai fakta dinosaurus di masa hidupnya, serta faktor penyebab kepunahan hewan tersebut.

Fakta Dinosaurus
Dinosaurus

Aada banyak sekali spesies hewan yang hidup di zaman purbakala, terutama ketika bumi hanya dihuni oleh hewan raksasa seperti dinosaurus. Semua orang tentu tahu bahwa dinosaurus telah punah sejak sebelum masehi ketika belum ada manusia hidup di muka bumi. Tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa hewan yang mampu hidup hingga kini sejak di zaman purba?

Lalu apa saja faktor yang menyebabkan dinosaurus punah dan tidak mampu mempertahankan hidupnya hingga kini? Berikut penjelasannya!

1. Adanya Bada Asteroid

Faktor pertama yang berasal dari temuan para arkeolog atau peneliti yakni kepunahan massal dinosaurus akibat hantaman hujan asteroid. Asteroid ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat setara dengan hantaman 10 miliar nuklir yang digunakaan saat perang dunia ke 2.

Para peneliti memperhitungkan bahwa sekitar 75 persen spesies yang ada di muka bumi terbunuh. Inilah yang membakar banyak sekali spesies hewan purba termasuk dinosaurus pada masa itu.

2. Peristiwa Pendinginan Temperatur Secara Global

Pada masa setelah hujan asteroid, bumi mengalami pendinginan hingga pembekuan secara global. Pendinginan terjadi akibat efek dari hantaman asteroid, dampaknya sebagian besar spesies dinosaurus mati dan punah. Sedangkan masih ada beberapa yang mampu bertahan hidup sehingga mengalami perkembangbiakan hingga saat ini dan evolusi.

3. Cedera dan Trauma

Salah satu fakta dinosaurus yang tidak jauh berbeda dengan masalah atau gangguan pada spesies hewan masa kini yakni cedera atau trauma. Dinosaurus juga pernah mengalami kedua hal tersebut, dan telah ditemukan pada 1 banding 1000 tulang. Cedera dan trauma bisa muncul akibat dinosaurus mempertahankan wilayah serta perkawinan.

4. Mengalami Infeksi

Di beberapa spesies dinosaurus, juga telah ditemukan bahwa mereka pernah mengalami infeksi. Terutama yang menyerang pada abses gigi tepatnya pada spesies Lambeo saurus yang terbilang cukup menyakitkan hingga sulit untuk digunakan sebagai alat pengunyah makanan. Infeksi tersebut bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan dalam waktu lama.

5. Mengidap Penyakit Kanker

Tidak hanya hewan atau manusia masa kini, kanker ternyata telah ada sejak zaman dinosaurus. Hal ini telah dibuktikan dari temuan Bruce Rothschild yang menyatakan bahwa puluhan tulang dinosaurus dari fosil-fosil mereka mengidap penyakit kanker. Penyakit tersebut muncul karena kebiasaan mereka memakan daun konifer.

6. Malaria

Fenomena alam lainnya yang menyebabkan kepunahan dinosaurus juga bisa berawal dari serangan hewan laina tau virus dan bakteri. Ternyata dinosaurus pada saat itu juga berpotensi untuk terserang malaria. Karena nyamuk yang membawa bakteri malaria hanya memiliki sasaran terhadap dinosaurus untuk dihisap darahnya.

7. Hidup Sebelum Ada Manusia di Bumi

Banyak pernyataan yang muncul bahwa dinosaurus hidup saat bumi telah ditinggali manusia, ternyata hal tersebut salah. Dinosaurus bahkan punah sejak 62 juta tahun lalu, dengan prediksi sebelum manusia pertama menginjakkan kaki di bumi.

8. Sebutan Nama Dinosaurus Berasal dari Ahli Paleontologi Inggris

Nama dinosaurus pertama kali dicetuskan pada tahun 1842 oleh Richard Owen, seorang ahli paleontologi Inggris. Nama tersebut berasal dari Yunani bermakna seekor kadal yang cukup mengerikan.

9. Kelompok Dinosaurus Terbagi Menjadi Dua

Dinosaurus memiliki tulang pinggul yang unik dan dapat dibagikan menjadi dua golongan. Inilah yang menjadikan dinosaurus juga terbagi dalam dua kelompok, yakni pinggul saurischia dan berpinggul ornithischia.

10. Dinosaurus Pertama Muncul di Periode Triassic

Kenyataan dinosaurus yang muncul pertama kali lebih dari 230 juta tahun lalu memiliki ukuran sangat kecil serta ringan. Barulah dinosaurus berukuran besar muncul di periode Cretaceous dan Jurassic.

Fakta Dinosaurus di Muka Bumi

11. Kehidupan dinosaurus ternyata dimulai sejak 230 juta tahun yang lalu.

12. Diperkirakan bahwa dinosaurus berada pada masa sejarah bumi di periode Mesozoikum yakni era kehidupan tengah.

13. Pemberian nama pada dinosaurus karnivora atau pemakan daging yakni Theropoda.

14. Kenyataannya dinosaurus tidak berbentuk raksasa seperti yang dipikirkan banyak orang, ukurannya bisa seperti manusia, atau bahkan lebih kecil.

15. Penemuan spesies dinosaurus pertama yakni Eoraptor yang sering disebut sebagai pencuri fajar. Ukuran spesies tersebut sebesar anjing German Shepherd.

16. Beberapa jenis dinosaurus memiliki ekor yang panjangnya sekitar 15 meter.

17. Tengkorak dinosaurus terasa lebih ringan karena memiliki jendela atau lubang besar.

Seluruh fakta dinosaurus di atas memang tidak banyak diketahui orang karena mereka hanya sekedar tahu bahwa dinosaurus punah akibat ketidakmampuan untuk beradaptasi. Bahkan mungkin ada juga yang mengira punahnya dinosaurus akibat letusan gunung berapi.