16 Fakta Atlantis, Pulau Kuno yang Keberadaannya Kini Masih Menjadi Teka Teki

Fakta Atlantis - Atlantis merupakan suatu wilayah yang keberadaannya kini masih menjadi teka-teki. Selain itu kisahnya juga sering menjadi pertanyaan di kalangaan peneliti maupun orang biasa dan tidak sedikit pula yang mengaimini kisah tentangnya tersebut. Hal itulah yang membuat fakta Atlantis selalu diperbincangkan di banyak forum karena mengundang penasaran.

Fakta Atlantis
Fakta Atlantis

Fakta Menarik Tentang Atlantis

1. Nama Atlantis pertama kali disebut oleh Plato

Plato, filsuf kenamaan asal Yunani merupakan orang yang pertama kali menyebutkan nama Atlantis. Hal itu tertuang dalam karya dialognya yang berjudul Timaeus dan Critias sekitar 360 SM. Konon ia mengetahui cerita tentang Altantis dari kakeknya bernama Solon sekaligus ahli hukum pada masanya.

Jadi, cerita tentang Altantis itu berasal dari penuturan turun temurun dari keluarga Plato yang kemudian dicatat dalam sebuah dialog. Namun, sayangnya tidak dutemukan bukti kuat tentangnya.

2. Atlantis menjadi objek penelitian para ilmuwan

Mengetahui cerita Atlanti sekaligus masyarakatnya, banyak ilmuwan setelah Plato hingga kini yang menjadikan Atlantis sebagai objek penelitian. Pasalnya diantara mereka ada yang berusaha membuktikan kebenaran keberadaannya, kisah di dalamnya, dan tempatnya kini.

3. Cerita tentang bencana yang pernah terjadi di Atlantis dipercaya benar adanya

Secara umum Plato mengisahkan Atlantis sebagai wilayah dan peradaban yang maju pada masanya. Masyarakatnya hidup dengan baik, mempunyai angktan laut yang canggih, hingga kisah heroik.

Namun sayangnya akhirnya dilanda bencana alam gempa bumi hingga tsunami dahsyat yang menenggelamkannya. Jadi, banyak peneliti yang hanya percaya tentang bencana alamnya, namun tidak dengan yang lainnya.

4. Kisah mengenai Atlantis oleh Plato sebenarnya merupakan kisah tentang Minoan

Hal yang lebih masuk akal dari Atlantis adalah mengenai peristiwa bencana alam yaitu meletusnya gunung Thera di Laut Aegea sekitar 1525 SM. Hal itu memakan banyak korban jiwa khususnya masyarakat Minoan dan membuatnya musnah.

5. Kemunduran dan kehilangan Atlantis diperkirakan terjadi tahun 9400 SM

Menurut salah seorang peneliti, Ronald H Fritze bahwa kolaps ataupun hilangnya Atlantsi sudah terjadi sekitar tahun 9400 SM. Artinya itu sangat jauh sebelum terjadinya letusan gunung Thera sebagaimana di atas.

6. Atlantis kini berada di pulau Santorini

Teori pertama mengatakan bahwa Atlantis kini berada di pulau Santorini, Yunani Kuno. Alasannya menurut ahli bahawa wilayah tersebut mampunyai topografi yang mirip seperti diceritakan Plato. Ditambah lagi dengan adanya pegunungan Thera yang disebut-sebut pernah meletus pada masa peradaban Atlantis sebagaimana diceritakan Plato.

7. Atlantis berada di kepulauan Bahama

Charles Berlitz juga mengemukakan teori tersendiri mengenai keberadaan Atlantis. Ia percaya bahwa wilayah yang hilang itu kini berada di kepulauan Bahama. Tentu saja itu jauh dari bekas Yunani Kuno dan berberbeda sama sekali dengan teori pertama.

8. Ada yang mengatakan kini berada di selat Gibaltar

Sebagaimana penuturan Plato bahwa Atlantis berada di barat selat Gibaltar, sehingga muncul teori bahwa kini wilayah tersebut berada di sekitar Gibaltar, khususnya Spanyol. Ricard Feund menguatkan teori ini dengan penemuannya bekas kota di Donana National Park, Spanyol.

9. Irlandia juga disebut-sebut sebagai bekas Atlantis

Ada pula ahli geologi yang percaya bahwa Atlantis kini berada di Irlandia. Hal itu didasarkan pada struktur dan bentuknya yang mirip deskripsi Plato tentang wilayah yang hilang tersebut.

10. Ada pula teori yang mengatakan bahwa Atlantis berada di Indonesia

Tak terkecuali ahli genetic bernama Stepen Oppenheimer mengemukakan teori bahwa Atlantis berada di Sundaland yaitu wilayah Jawa dan Sumatera kini. Hal itu didasarkan pada penelitian mengenai adanya persamaan antara deskripsi penduduk Atlantis dengan orang Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Fakta Atlantis Lainnya

11. Menurut Charles Hapgood Atlantis kini berada di benua Antartika dan tenggelam sekitar 12 ribu tahun yang lalu.

12. Cerita tentang Atlantis merupakan kisah dongeng dan imajinasi Plato sendiri

13. Atlantis dideskripsikan sebagai wilayah atau pulau yang bagus, cantik, dataran rendanya luas, terdapat gunung-gunung, dan mampunyai sumberdaya alam yang mumpuni, dan sebagainya.

14. Kemunduran Atlantis juga disebabkan oleh banjir bandang yang dahsyat.

15. Plato mendeskripsikan luas Atlantis lebih besar daripada Asia Minor dan Libya

16. Penduduk Atlantis cukup tegas dan mau mengusir bangsa lain yang berusaha masuk ke wilayahnya.

Beberapa fakta Atlantis di atas setidaknya bisa menambah wawasan tentang teka-teki wilayah Atlantis yang konon hilang serta tenggelam. Terlepas dari benar adanya atau tidak, yang pasti bencana alam itu selalu membuat kerusakan hingga menjadi penyebab mundurnya peradaban.