23 Fakta Kelinci, Hewan Peliharaan Paling Lucu dan Menggemaskan - Fakta.id

23 Fakta Kelinci, Hewan Peliharaan Paling Lucu dan Menggemaskan

Last Updated 2019-11-27T10:48:18+00:00

Fakta Kelinci - Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia yang termasuk ke dalam kelompok Liporidae. Binatang yang satu ini bisa ditemukan di bagian banyak belahan bumi. Binatang ini berkembang biak dengan cara beranak dan biasanya di sebut dengan vivipar. Ada beberapa fakta kelinci yang belum banyak diketahui manusia, hal itu yang terkadang seseorang belum bisa merawatnya dengan tepat.

Kelinci memiliki sifat ramah dan mudah untuk di rawat. Binatang ini menyukai jenis makanan dari sayuran seperti wortel. Bagi Anda yang mencintai kelinci, maka wajib mengetahui beberapa fakta mengenai kelinci. Dengan begitu Anda bisa merawatnya dengan baik dan benar agar kelinci dapat tumbuh sehat dan aktif.

Fakta Kelinci
Kelinci

Fakta Kelinci Paling Menarik

1. Kelinci mampu berkembang biak dalam jumlah yang banyak

Kelinci memiliki masa kehamilan yang cukup singkat. Sehingga waktu untuk melahirkan anaknya dalam setiap waktu sangat cepat. Masa mengandung kelinci betina yaitu berkisar 28 hingga 31 hari. Dalam setiap kehamilannya, kelinci mampu melahirkan 9 sampai 14 ekor anak kelinci.

Kelinci mengalami berkembang biak sekitar 2 sampai 3 kali dalam setahun. Maka Anda bisa terbayang kan, berapa jumlah anak kelinci yang terlahir dalam satu tahun?

2. Kelinci memiliki penglihatan yang tajam

Kelinci merupakan salah satu binatang yang lincah, maka tidak heran jika Anda sulit untuk menangkapnya dari belakang. Penglihatan kelinci mencapai hingga 360 derajat. Hal itu sangat membantu kelinci dalam keselamatannya ketika berada di alam bebas. Dengan begitu kelinci dapat melindungi dirinya dari serangan predator.

3. Kelinci memiliki sifat bosan

Ketika memutuskan untuk memelihara kelinci, maka Anda harus mengetahui bahwa binatang ini memiliki sifat yang cepat bosan. Jadi jangan pernah membiarkan kelinci berada sendirian di dalam kandang, karena dia membutuhkan teman.

Jika Anda membiarkan sendiri, maka kelinci akan bosan dan mengalami stres. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan lucu untuk mainan kelinci di dalam kandang. Untuk memelihara kelinci dibutuhkan kandang yang luas, agar ia tetap bisa bergerak aktif.

4. Kelinci memiliki karakter unik

Antara kelinci satu dengan lainnya masing-masing memiliki karakter unik yang berbeda. Ketika Anda memelihara kelinci, maka membutuhkan waktu lama untuk benar-benar memahami karakter kelinci tersebut. Entah kelinci tersebut memiliki karakter pemalas, ceria ataupun aktif bergerak.

5. Kelinci terkadang memakan kotorannya sendiri

Mungkin Anda akan tercengang dengan fakta yang satu ini. Kelinci memang binatang yang unik, karena Ia bisa memakan kotorannya sendiri. Kelinci membutuhkan dua kali proses makan agar bisa menyerap nutrisi makanan yang di konsumsinya secara maksimal.

6. Kelinci tidak hanya menyukai wortel

Sebagian dari kita berfikir bahwa makanan kelinci yaitu wortel. Hal itu ternyata tidak benar, karena kelinci menyukai berbagai macam sayuran seperti kangkung, selada dan jenis sayuran lainnya.

7. Kelinci memiliki usia hidup lebih lama

Bagi Anda pencinta binatang kelinci mungkin bisa lebih berbahagia. Karena kelinci termasuk salah satu binatang yang memiliki usia hidup lebih lama, bahkan hingga 10 tahun. Jadi Anda bisa menjadikan binatang ini sebagai teman hidup untuk bermain, karena usianya yang lebih lama.

8. Kelinci memiliki gigi yang tajam

Berbeda dengan jenis binatang yang lainnya, karena kelinci memiliki jenis gigi yang tajam. Selain itu, gigi kelinci tidak akan berhenti tumbuh.

9. Kelinci memiliki suara unik

Kelinci memiliki suara yang unik, bahkan Ia sering menirukan suara seperti kucing.

10. Kelinci menyusui anaknya dalam waktu singkat

Kelinci merupakan salah satu binatang yang menyusui anaknya dalam waktu yang sangat singkat, kurang lebih hanya membutuhkan waktu 5 menit dalam sehari untuk memberikan makan dan minum pada anaknya.

Fakta Menarik Kelinci Lainnya

11. Ada 45 jenis kelinci yang sudah banyak di kenal manusia.

12. Jika kelinci mengalami pertumbuhan yang sehat karena dipelihara dengan baik. Maka usia kelinci bisa lebih panjang, bahkan bisa mencapai hingga 10 tahunan.

13. Kelinci termasuk hewan yang unik, karena binatang ini tidak bisa muntah.

14. Kotoran kelinci bisa dimanfaatkan oleh petani untuk berbagai jenis pupuk tanaman.

15. Pada tubuh kelinci hanya bisa mengeluarkan keringat dari bagian telapak kakinya saja.

16. Mata kelinci berbentuk lebar, maka tidak heran jika Ia bisa melihat sesuatu yang ada di belakangnya.

17. Kelinci memiliki gigi berjumlah 28 gigi yang digunakan untuk mengunyah makanan.

18. Pada usia 3-4 bulan, kelinci sudah mulai berkembang biak.

19. Kelinci memiliki rasa ketakutan jika didekati oleh predator.

20. Jika kelinci merasa bahagia, maka Ia akan melompat dengan cara memutar.

21. Kelinci menyukai cuaca yang sejuk.

22. Daging kelinci tidak berwarna merah seperti daging hewan lainnya, namun daging kelinci berwarna putih.

23. Jerami sangat berguna untuk membantu pencernaan kelinci.

Dari 23 fakta kelinci yang cukup unik dan menarik, ternyata selama ini belum banyak yang mengetahui. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, maka Anda bisa lebih perhatian dan memahami karakter kelinci peliharaan anda.