23 Fakta Kecoa Paling Unik dan Banyak Orang Belum Tahu - Fakta.id

23 Fakta Kecoa Paling Unik dan Banyak Orang Belum Tahu

Last Updated 2019-11-27T10:45:49+00:00


Fakta Kecoa - Kecoak merupakan salah serangga yang memang banyak ditakuti dan dibenci oleh manusia karena berbagai alasan. Binatang ini suka muncul dimana saja seperti di kamar mandi, dapur, gudang dan tempat-tempat lain. Ada beberapa fakta kecoa yang masih belum banyak diketahui orang, salah satunya yaitu sering menciptakan bau yang tidak sedap dan membuat orang menjadi sakit.

Meskipun kecoa ini sangat dibenci manusia. Ternyata binatang ini mampu bertahan hidup, bahkan tanpa kepala pun masih bisa bertahan hidup hingga satu minggu. Untuk lebih jelasnya mengenai fakta-fakta pada kecoa akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Fakta Kecoa
Kecoa

1. Mampu melindungi diri

Menurut penelitian bahwa tubuh kecoa antara yang satu dengan yang lainnya tidak saling berhubungan. Sistem yang terdapat pada tubuh kecoa memungkinkan untuk bisa melindungi diri ketika ada ancaman berbahaya.

2. Bisa bertahan hidup tanpa kepala

Maka tidak heran jika kecoa mampu mengantisipasi dirinya sendiri untuk hidup lebih aman. Meskipun binatang ini mengalami bagian tubuh ada yang putus, bahkan tanpa kepala pun masih bisa bertahan hidup. Karena diketahui bahwa otak kecoa sama sekali tidak berpengaruh untuk mengontrol sistem tubuh lain seperti pada binatang lainnya.

3. Penyebab terjadinya global warming

Berdasarkan penelitian para ahli, bahwa kecoa sering mengeluarkan gas mentana dalam 15 menit sekali. Dalam setiap satu jam bisa melakukan hingga 4 kali, jadi sehari bisa mencapai hingga 96 kali. Keberadaan kecoa di muka bumi ini sangat banyak, maka diperkirakan sekitar 20% gas mentana yang berasal dari kecoa dan bahaya untuk bumi ini.

4. Dalam keadaan telentang akan mati

Ketika Anda menyemprotkan cairan pembasmi serangga, biasanya binatang ini masih bisa bertahan hidup. Jadi, bagaimana caranya agar kecoa mati? Sebenarnya mudah, Anda cukup bikin kecoa tersebut terlentang maka ia akan mati dengan sendirinya.

5. Tahan terhadap bom atom

Meskipun kita tidak pernah mengharapkan bahwa dunia ini akan hancur karena serangan bom. Namun dalam kondisi seperti itu, maka siapa yang masih mampu bertahan? Maka jawabannya adalah kecoa, karena binatang ini mampu bertahan dalam radiasi panas yang tinggi.

6. Kecoa termasuk binatang berdarah dingin

Jenis serangga ini meskipun tidak makan dan minum hingga satu minggu namun bisa tetap hidup. Perbandingan antara kebutuhan makan dan minum kecoa hampir sama dengan jenis binatang serangga lainnya.

7. Mampu bertahan napas hingga durasi 40 menit

Yang lebih mengerikan, binatang ini mampu bertahan nafas hingga 40 menit, terutama jika tenggelam di dalam air maka kecoa mampu menyelam dalam waktu yang lama.

8. Anak kecoa mampu berjalan secepat usia kecoa dewasa

Kecoa meskipun baru dilahirkan, namun kemampuannya untuk berjalan sangat cepat. Bahkan berjalannya anak kecoa sama halnya dengan kecoa usia dewasa.

9. Mampu bertahan pada suhu ekstrim

Kecoa mampu bertahan hidup pada cuaca ekstrim, terutama musim dingin. Bahkan pada suhu beku atau mencapai 0 derajat celcius, kecoa masih bisa bertahan hidup dan memiliki metabolisme yang lancar.

10. 75% waktu hidupnya kecoa digunakan untuk istirahat

Jadi binatang kecoa ini memanfaatkan waktunya hingga 75% untuk beristirahat. Hal tersebut bertujuan untuk meregenerasi sel-sel pada tubuh.

Fakta Menarik Kecoa Lainnya

11. Ada sekitar dari 4.000 jenis kecoa yang ada di belahan bumi ini.

12. Kecoa bisa tumbuh besar hingga ukuran 3 inci.

13. Kecoa termasuk binatang pemakan segala jenis makanan, termasuk makan sesamanya.

14. Kecoa bisa bertahan hidup hingga kurun waktu satu minggu tanpa adanya kepala.

15. Kecoa merupakan binatang serangga yang tahan dengan radiasi tinggi.

16. Kecoa merupakan jenis binatang serangga pelari tercepat.

17. Kecoa juga termasuk binatang yang biasa hidup berkelompok. Meskipun tidak terstruktur seperti semut maupun rayap.

18. Beberapa dari kecoa betina hanya melakukan satu kali kawin dalam seumur hidupnya.

19. Jenis kecoa jerman mampu berubah dari telur hingga dewasa hanya dengan kurun waktu 120 hari.

20. Ada beberapa jenis kecoa justru dijadikan sebagai binatang piaraan.

21. Ditemukan sejenis kecoa yang mampu melompat bukan merayap. Jenis kecoa ini ditemukan di pegunungan Afrika.

22. Kecoa dapat menyebabkan penyakit asma bagi manusia. Kotoran kecoa, air liur ataupun bagian tubuh kecoa yang dapat memicu penyakit asma.

23. Kecoa ternyata menyukai minuman bir. Binatang ini menyukai jenis minuman ini karena minuman alkohol mengandung gula tinggi.

Dari fakta unik kecoa di atas, maka Anda waspada dengan binatang yang satu ini dan lebih menjaga kebersihan rumah, terutama selalu menutup makanan dengan benar. Rumah Anda harus selalu dibersihkan setiap hari, hal itu untuk mencegah kecoa berkembang biak. Hal yang tidak kalah penting lagi yaitu selalu membuang sampah secara teratur dan dalam kantong yang rapat.