Fakta.id

Cara Login BioUN SMA/MA untuk Pendataan Asesmen Nasional 2023/2024

Mendy - 16-08-2023 07:58
Cara Login BioUN SMA/MA untuk Pendataan Asesmen Nasional 2023/2024
Cara Login BioUN SMA/MA untuk Pendataan Asesmen Nasional 2023/2024

Pendataan calon peserta Asesmen Nasional tahun ajaran 2023/2024 dilakukan melalui web BioUN SMA/MA. Sistem ini berisi tentang biodata siswa tingkat akhir.

Contents [ Buka ]

Menjelang pelaksanaan Asesmen Nasional, pihak lembaga pendidikan diminta mengakses data siswa secara online. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) mengembangkan BioUN SMA/MA dalam aplikasi dan web.

Pengisian data yang diambil dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dilakukan oleh instansi atau satuan pendidikan umum. Sementara untuk madrasah diambil dari Electronic Management Information System (EMIS).

Adanya aplikasi dan web BioUN memudahkan pendataan pada semua jenjang pendidikan, tidak terkecuali SMA/MA. Namun, perubahan sistem Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional membuat sebagian besar proktor bingung melakukan tahap ini.

Perbedaan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional

Untuk mempermudah penjelasan mengenai Pendataan Asesmen Nasional, Anda perlu memahami perbedaan UN dengan Asesmen Nasional dari berbagai aspek.

1. Tujuan

Tujuan utama UN untuk mengevaluasi pencapaian siswa di akhir jenjang pendidikan, seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

UN digunakan sebagai alat ukur untuk memberikan gambaran umum tentang kompetensi siswa dalam berbagai mata pelajaran.

Sedangkan, tujuan Asesmen Nasional lebih luas, yaitu untuk mengukur dan memantau perkembangan dan prestasi belajar siswa secara berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu.

Asesmen Nasional mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik, serta memberikan informasi yang lebih rinci tentang kemampuan individu dan kelompok siswa.

2. Cakupan

UN melibatkan beberapa mata pelajaran inti, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Mata pelajaran yang diuji dapat bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan.

Asesmen Nasional mencakup berbagai aspek, termasuk pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berbagai mata pelajaran, serta kemampuan sosial, emosional, dan sikap siswa terhadap pembelajaran.

3. Metode evaluasi

UN umumnya dilakukan dalam bentuk tes tertulis dengan pilihan ganda atau jawaban singkat. Tes ini seringkali bersifat standar dan dilakukan secara serentak di seluruh negara atau wilayah.

Metode evaluasi dalam Asesmen Nasional lebih beragam. Selain tes tertulis, melibatkan tugas proyek, penilaian portofolio, observasi langsung, dan wawancara.

Pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa secara lebih holistik dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pembelajaran siswa.

4. Waktu pelaksanaan

UN dilaksanakan pada akhir tingkat pendidikan dan berlangsung dalam waktu yang terbatas, seperti beberapa hari atau seminggu. Sedangkan Asesmen Nasional tidak terikat pada waktu yang spesifik.

Asesmen Nasional dapat dilakukan secara periodik, dan pengumpulan data dapat dilakukan sepanjang tahun ajaran. Biasanya, dilaksanakan dalam bentuk tes yang diadakan di sekolah secara mandiri atau melalui penilaian kinerja siswa.

5. Penggunaan hasil

Hasil UN umumnya digunakan sebagai faktor penentu dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi atau institusi pendidikan yang lebih tinggi. Nilai akhir menjadi acuan penting dalam menentukan kelulusan siswa.

Hasil Asesmen Nasional yang bersifat informatif digunakan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan siswa secara menyeluruh. Data tersebut juga berperan sebagai alat penilaian dalam perbaikan kurikulum, evaluasi program pembelajaran, atau perencanaan pengembangan pendidikan.

Tujuan Pengecekan Data Calon Peserta Asesmen Nasional SMA/MA

Berikut tujuan pengecekan data calon peserta di BioUN AKM SMA/MA.

1. Keakuratan informasi

Memeriksa data calon peserta Asesmen Nasional memastikan keakuratan informasi yang terkait dengan identitas peserta, seperti nama, tanggal lahir, dan nomor identifikasi. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan pengolahan data yang dapat berdampak negatif.

2. Kelayakan peserta

Pemeriksaan data juga penting untuk memastikan bahwa peserta yang mendaftar memenuhi syarat untuk mengikuti Asesmen Nasional. Misalnya, usia atau tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi peserta agar dapat mengikuti asesmen tersebut.

3. Validitas dan integritas hasil

Untuk memastikan bahwa hasil Asesmen Nasional dapat dipercaya dan valid. Jika ada ketidaksesuaian atau ketidakcocokan antara data calon peserta dan hasil asesmen, hal tersebut dapat menimbulkan keraguan terhadap integritas keseluruhan proses asesmen.

4. Manajemen pelaksanaan

Pemeriksaan data juga membantu dalam manajemen pelaksanaan Asesmen Nasional. Dengan memiliki data yang lengkap dan akurat, penyelenggara dapat mempersiapkan fasilitas, jumlah soal, dan sumber daya lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan asesmen dengan baik.

5. Keamanan dan perlindungan data

Pemeriksaan data membantu dalam menjaga keamanan dan privasi peserta. Memastikan bahwa data yang dikumpulkan dan digunakan hanya dari peserta yang sah dan memastikan kerahasiaan informasi pribadi peserta.

Cara Mendapatkan Nama Pengguna dan Kata Sandi

Tidak sedikit proktor kebingungan mencari nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke web BioUN. Hal ini karena adanya pembaruan dari UM menjadi Asesmen Nasional yang berbeda arah dan tujuannya.

Sebenarnya, nama pengguna dan kata sandi masih sama seperti sebelumnya. Namun, jika Anda proktor baru, hubungi cabang dinas atau pihak provinsi yang ditunjuk sebagai operator pelaksana ujian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

Cara Masuk BioUN SMA untuk Pendataan Asesmen Nasional

Berikut ini langkah login web Pendataan Asesmen SMA/MA tahun ajaran 2023/2024:

  1. Kunjungi laman https://biounsmama.kemdikbud.go.id/biosma/
  2. Setelah mengetik alamat tersebut pada mesin pencarian, selanjutnya muncul halaman login yang menampilkan kolom "Nama Pengguna" dan "Kata Sandi".
  3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sudah didapat dari KK Datadik, Disdik daerah setempat.
  4. Biasanya, ada kode keamanan yang berisi gabungan huruf dan angka.
  5. Langkah terakhir, pilih tombol "Sign In" yang terletak di bawah kolom "Nama Pengguna" dan "Kata Sandi".

Cara Mengunggah Data Calon Peserta Ujian

Panduan mengunggah data calon peserta Asesmen Nasional SMA/MA tahun ajaran 2023/2024:

  1. Data peserta yang akan diunggah didapat dari web Manajemen PDUN.
  2. Jika web berhasil terbuka, akan muncul login utama yang menampilkan kolom "Nama Pengguna" dan "Kata Sandi", atau alternatif masuk menggunakan "Kode Registrasi".
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul beranda Manajemen PDUN.
  4. Pilih menu "Calon Peserta UN" untuk melihat dan mengecek daftar calon peserta.
  5. Di halaman daftar calon peserta, unduh file CPUN dengan format excel.
  6. Cek data calon peserta, meliputi nama, jenis kelamin, NISN, tempat dan lahir, alamat, agama, nama orang tua atau wali, nomor peserta, dan data lainnya.
  7. Jika ada ketidak cocokan, hubungi operator Dapodik untuk memperbaiki data.
  8. Apabila sudah benar, unduh file dz di web Manajemen PDUN.
  9. Selanjutnya, unggah file dz tersebut ke web BioUN SMA.

Cara Mengisi Mata Pelajaran Pilihan

Langkah-langkah mengisi mata pelajaran pilihan di BioUN dengan benar:

  1. Pilih menu "Data Siswa" yang ada halaman utama web BioUN.
  2. Selanjutnya, klik "Program Studi" di bagian "Edit Per Field"
  3. Pilih jurusan dan paralel yang ingin diubah.
  4. Ubah data mata pelajaran dengan klik "KD Uji" di bagian "Nama Field".
  5. Tunggu sampai data siswa muncul
  6. Pilih mata pelajaran pilihan untuk setiap siswa.
  7. Klik tombol "Simpan" setelah pengisian mata pelajaran selesai.

Selai mempersiapkan diri menjelang Asemen Nasional tahun ajaran 2023/2024, penting untuk melakukan pengecekan kepesertaan siswa. Proses tersebut dilakukan oleh proktor yang ditunjuk oleh lembaga pendidikan melalui web atau BioUN SMA/MA yang dikembangkan Kemdikbud.

Editor: Jinan Vania Barizky

TAGS