13 Fakta Bulan, Satelit Bumi Alami Yang Unik dan Mengerikan

Fakta Bulan - Bulan adalah satelit alami bumi yang memiliki diameter 27%, kepadatan 60% dan massa 1/81 dari bumi. Berdasarkan kepadatannya, bulan merupakan satelit terpadat kedua, yang mana satelit paling padat diduduki oleh lo (satelit Yupiter). Yuk, simak fakta bulan berikut ini.

Bulan
Bulan

Bulan menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk dipelajari. Matahari memantulkan cahayanya sehingga bulan tampak brerinar terang di malam hari. Tanpa adanya pantulan cahaya dari matahari maka di malam hari langit tampak gelap.

Fakta Menarik Bulan

1. Lebih keras di bagian atas

Pada umumnya struktur sebuah planet semakin ke dalam semakin keras. Namun, berbeda dengan struktur bulan yang bagian dalamnya berongga dan bagian atasnya justru malah keras. Kawah terbesar di bulan memiliki diameter 300 km dan kedalamannya mencapai 6.4 km. 

2. Umur Bulan

Umur bumi dan matahari diprediksi lebih muda jika dibandingkan dengan umur bulan. Hal ini dikarenakan umur bumi diperkirakan mencapai 4.6 milyar tahun. Sedangkan, umur batuan di bulan diperkirakan telah mencapai 5.3 milyar tahun.

3. Bebatuan di bulan

Bebatuan yang ada di bulan mengandung bahan-bahan yang unik dan langka. Contohnya adalah titanium murni, itrium, kromium dan lain-lain. Logam tersebut memiliki sifat sangat keras, anti oksidasi dan tahan panas.

4. Air menguap

Pada tanggal 7 Maret 1971, sebuat alat yang dipasang di bulan menunjukkan rekaman bahwa ditemukan air yang melewati permukaan bulan. Air tersebut dapat bertahan sampai 14 jam dan menutup permukaan hingga 100 mil persegi.

5. Apakah ukuran bulan sama dengan ukuran matahari?

Fakta menarik yang perlu Anda ketahui adalah jarak matahari ke bumi yaitu 395 kali jarak bulan ke bumi. Begitu pula dengan diameter matahari yang ukurannya 395 kali diameter bulan. Dengan demikian, saat terjadi gerhana matahari total ukuran bulan sama dengan ukuran bumi sehingga matahari dapat tertutup oleh bulan.

6. Orbit bulan

Bentuk orbit bulan adalah hampir bulat sempurna. Berat bulan lebih dekat 6000 kaki dibandingkan pusat geometrisnya. Dengan demikian, seharusnya orbit bulan adalah lengkung. Namun, karena suatu hal bulan menjadi stabil pada porosnya.

7. Asal usul bulan

Asal mulanya, bulan merupakan bagian dari bumi yang mental keluar akibat adanya tumbukan hebat. Ada juga yang berpendapat bahwa bulan berasal dari debu-debu angkasa yang memadat menjadi sebuah satelit bumi.

Ada teori yang menyatakan bahwa apabila bulan merupakan bagian dari bumi maka bentuk bumi tidak akan sebulat sekarang. Apabila bulan tidak berongga maka tidak mungkin bulan dapat menjadi satelit bumi.

8. Cuaca ekstrim di bulan

Suhu di permukaan bulan bermacam-macam, yaitu diantara 260 celcius hingga mencapai 151 celcius. Namun, apabila Anda mengorek permukaan bulan lebih dalam lagi maka suhunya cukup konstant, yaitu kurang lebih -35 celcius.

Fakta Bulan Lainnya

9. Melambatnya gravitasi bumi menyebabkan rotasi bulan berada tetap di porosnya.

10. Dijumpai adanya 400 pohon di bumi yang diduga berasal dari bulan.

11. Banyak dijumpai adanya kawah di bulan.

12. Bentuk bulan mirip dengan bentuk telur.

13. Di bulan dijumpai adanya gempa yang diduga akibat gravitasi bumi.

Banyak fakta menarik yang dapat Anda jumpai di bulan. Informasi ini dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Semakin dikaji lebih dalam semakin banyak hal menarik yang dapat Anda temukan.

Salah satu bentuk nyata bagi Anda yang ingin mempelajari tentang bulan maka Anda dapat terlebih dahulu mempelajari ilmu astronomi. Berawal dari sanalah Anda dapat berpeluang untuk menemukan fakta-fakta menarik tentang bulan yang belum diketahui oleh manusia.

Contoh Pendidikan Lainnya