6 Aktris Korea Terkaya, Senior yang Pernah dapat Penghargaan untuk Korean Wave - Fakta.id

6 Aktris Korea Terkaya, Senior yang Pernah dapat Penghargaan untuk Korean Wave

Last Updated 2020-11-06T18:03:26+00:00

Drama korea tentu tidak hanya mengandalkan cerita saja tetapi juga kemampuan dari para pemerannya, termasuk aktrisnya. Oleh karena itulah, bayaran untuk seorang aktris di Korea tidaklah murah. Mereka harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa mendapatkan aktris yang memiliki kemampuan berakting baik untuk menarik minat para penonton.

Aktris Korea Terkaya

Dengan bayaran yang cukup tinggi, kira-kira, siapa aktris terkaya yang ada di Korea?

Daftar nama aktris Korea terkaya:

  1. Lee Young-ae - $ 52 juta
  2. Song Hye-kyo - $ 31 juta
  3. Go Hyun-jung - $ 30 juta
  4. Jun Ji-hyun - $ 26 juta
  5. Bae Suzy - $ 24 juta
  6. Choi Ji-woo - $ 23 juta

Dengan jumlah harta kekayaan yang berlimpah, ada aktris yang turut tersandung oleh kasus pajak dan ada pula yang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi orang lain.

Lee Young-ae
Lee Young-ae

1. Lee Young-ae - $ 52 juta

Lee Young-ae merupakan seorang aktris dan model veteran yang berasal sadari Korea Selatan. Ia menjadi salah satu yang paling populer usai berhasil tampil di sejumlah iklan televisi.

Setelah itu, Ia melanjutkan kariernya ke dunia drama dan film. Salah satunya adalah Dae Jang-geum di tahun 2003 silam.

Saat ini, Ia berhasil menempati peringkat sebagai aktris Korea terkaya dengan jumlah harta kekayaan yang berlimpah.

Tak hanya sukses di dalam kariernya, Lee Young-ae juga bisa dikatakan cukup aktif dalam bersosial dengan menjadi duta di UNICEF pada tahun 2004. Ia tercatat cukup sering melakukan banyak kegiatan amal.

Ia sudah memberikan banyak sumbangan ke sekolah, rumah sakit, dan tempat-tempat lainnya. Ini termasuk SMP Chosun di Harbin dan SD di Tiongkok yang kemudian malah berganti nama menjadi SD Lee Young-ae.

Pada tahun 2007, Ia berhasil mendapatkan Medal of Culture Merit oleh karena kontribusinya untuk Korean Wave dari pemerintah Korea Selatan.

Pada tahun 2012 kemarin, Ia menjadi juru bicara selebriti untuk sebuah acara donasi yang dibuat oleh majalah Woman Chosun. Ia memberikan sumbangan yang cukup besar untuk membangun sekolah di Myanmar.

Bukti kesuksesannya tak berhenti sampai di situ, Lee juga pernah diundang unutk duduk di bangku juri Festival Film Berlin International. Ia menjadi satu-satunya aktris Korea pertama yang berhasil dipilih menjadi juri di festival film dengan skala internasional.

Sedangkan untuk jumlah harta kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai $52 juta.

Song Hye-kyo
Song Hye-kyo

2. Song Hye-kyo - $ 31 juta

Aktris korea yang kini bisa dibilang cukup senior karena usianya sudah tidak muda lagi. Dalam perjalanan kariernya, Song Hye-kyo berhasil menjadi aktris dengan bayaran tertinggi.

Ia mendapatkan popularitas yang sangat tinggi di seluruh asia lewat peran utamanya di sejumlah drama televisi. Pada tahun 2017, Ia menduduki peringkat ke-7 di dalam daftar selebriti Korea paling berpengaruh di majalah Forbes dan meningkat ke peringkat ke-6 di tahun 2018.

Keberhasilan Song Hye-kyo di dunia akting berhasil menjadikannya sebagia bintang Top Hallyu. Pada tahun 2014, Ia sempat terlibat kasus penggelapan pajak dan telah memohon maaf atas kasus tersebut.

Ia mengatakan bahwa akuntannya sudah melakukan kesalahan dalam menangani pekerjaan tanpa sepengetahuannya. Song kemudian melunasi kewajibannya tersebut.

Song kini menempati urutan kedua sebagai aktris Korea terkaya dengan jumlah harta kekayaan yang diperkirakan mencapai $31 juta.

3. Go Hyun-jung - $ 30 juta

Go Hyun-jung merupakan seorang aktris veteran yang berasal dari Korea Selatan. Ia mengawali debutnya di dunia hiburan sejak berhasil menjadi runner-up Miss Korea pada tahun 1989.

Ia kemudian membitnangi 'Hourglass', salah satu drama dengan rating yang paling tinggi dan mendapatkan pujian dari banyak orang. Ia menyatakan pensiun setelah menikah dengan Chung Yong-jin pada tahun 1995.

Namun, Ia kembali berakting setelah bercerai dari suaminya itu pada tahun 2003. Sejak saat itu, Go kemudian mendapatkan kembali statusnya sebagai bintang top Korea.

Ia menjadi aktris Korea dengan bayaran tertinggi usai kesuksesan drama 'Queen Seondeok' dan 'Daemul'. Dalam sebuah drama berjudul 'Dear My Friends', Go Hyun-jung mendapatkan 60 juta won atau sekitar $49 ribu per-episode.

Pada tahun 2014, Ia mulai mengajar akting di Universitas Dongguk sebagai profesor tambahan di Departemen Teater. Ia juga telah menyumbangkan uangnya untuk dana beasiswa di universitas tersebut.

Ia kemudian juga mengeluarkan sebuah fashionnya sendiri 'atti.k', sebuah label yang menjual sepatu, tas dan pakaian. Lalu, Ia juga mengeluarkan komestiknya sendiri 'koY' yang tentu saja menambah pundi-pundi uangnya.

Total harta kekayaan yang dimilikinya adalah sekitar $30 juta.

Bae Suzy
Bae Suzy

4. Jun Ji-hyun - $ 26 juta

Jun Ji-hyun merupakan seorang aktris dan model veteral yang berasal dari Korea Selatan. Ia sudah berhasil menembus daftar aktris Korea dengan bayaran tertinggi.

Jun berhasil mendapatkan popularitasnya oleh karena berperan sebagai seorang gadis cantik di 'My Sassy Girl' pada tahun 2001. Ini menjadi salah satu yang berhasil mendapatkan penghasilan kotor tertinggi sepanjang masa.

Jun Ji-hyun bahkan berhasil mendapatkan Top Hallyu dan membintangi sejumlah drama terkenal di sepanjang kariernya. Pada tahun 2017, Ia berhasil menempati peringkat ke-8 di daftar selebriti Korea paling berpengaruh versi Forbes. Ia menjadi yang paling muda karena masih berusia 17 tahun.

Pada tahun 2011, CEO SiduzHQ, Jung Hoon-tak telah dituduh sudah melakukan perbuatan ilegal dengan menggunakan rekening bank Jun untuk mengantongi sejumlah keuntungan dari merger dan akuisisi.

Jung diduga berhasil mendapatkan 200 juta korean won usai membeli saham di Stom E&F Junior yang terdaftar di KOSDAG pada tahun 2009 dengan akun atas nama Jun Ji-hyun dan mengumumkan via pengajuan publik beberapa bulan kemudian kalau Ia akan membeli Stom E&F.

Jun sendiri bersaksi bahwa Ia tak mengetahui tentang adanya akun atas namanya tersebut. Kasusnya pun bergulir secara hukum.

Kini, jumlah harta kekayaan Jung Ji-hyun telah mencapai $26 juta.

Bae Suzy
Bae Suzy

5. Bae Suzy - $ 24 juta

Bae Su-ji atau Suzy merupakan seorang aktris dan penyanyi yang berasal dari Korea Selatan. Ia menjadi salah satu anggota dari girlgroup ternama di industri KPOP, Miss A yang berada di bawah naungan JYP Entertainment.

Ia bersama dengan Fei dan Jia memulai debut grup mereka bernama Miss A yang kemudian, Min bergabung ke dalam grup itu.

Pada tahun 2014, ini menjadi awal Suzy mengawali kariernya sebagai seorang aktris dengan memerankan drama berjudul 'The Sound of a Flower' sebagai Jin Chae-sun.

Hingga kini, Suzy diketahui masih menjadi salah satu aktris dengan bayaran tertinggi oleh karena memang kemampuan aktingnya yang cukup baik.

Ini menjadi salah satu prestasi yang cukup baik untuk Suzy karena mengingat bahwa Ia masih tidak terlalu serius menekuni industri drama secara penuh. Kariernya sendiri masih lebih banyak ke profesinya sebagai seorang penyanyi.

Ia mendapatkan banyak pujian oleh karena berhasil menjadi Queen of CF atau ratu iklan oleh karena banyaknya iklan yang dipegang olehnya.

Suzy kini menjadi aktris dengan harta kekayaan paling banyak ke-5 dengan jumlah mencapai $24 juta.

Choi Ji-woo
Choi Ji-woo

6. Choi Ji-woo - $ 23 juta

Choi Ji-woo adalah seorang aktris yang berasal dari Korea Selatan. Ia dinobatkan menjadi salah satu wanita paling cantik di Korea Selatan.

Ia pun berhasil mendapatkan banyak pujian atas aktingnya dalam sejumlah drama, seperti Beautiful Days, Winter Sonata, Stairway to Heaven, The Suspicious Housekeeper dan lain sebagainya.

Ia juga masih menjadi salah satu aktris Korea dengan bayaran paling tinggi karena memang kemampuan aktingnya yang sangat luar biasa.

Ia menjadi bintang yang cukup terkenal di Jepang hingga mendapatkan hak lisensi dan rating penyiaran tinggi untuk setiap dramanya.

Choi berhasil menjual habis merchandise yang dikeluarkan hingga mendapatkan banyak prestasi gemilang di setiap perjalanan kariernya.

Kini, Choi Ji-woo berhasil memiliki total harta kekayaan sekitar $23 juta.

Itulah sejumlah daftar nama aktris Korea terkaya yang bisa Fakta.id berikan.