Sukiyah Tak Mandi 27 Tahun, Ini Fakta 11 Bahaya Tidak Mandi untuk Kesehatan - Fakta.id

Sukiyah Tak Mandi 27 Tahun, Ini Fakta 11 Bahaya Tidak Mandi untuk Kesehatan

Last Updated 2020-01-28T04:30:24+00:00

Dear Fakta Mania! Selamat datang di Fakta.id yang kali ini akan membahas fakta mengenai Sukiyah, seorang wanita yang berusia 50 tahun dan telah diselamatkan oleh relawan. Kondisinya sangat memprihatinkan dengan rambut gimbal yang  bahkan telah dihuni oleh binatang seperti kecoa dan tikus.

Sedihnya lagi, Sukiyah ternyata sudah tidak pernah mandi sejak 27 tahun silam. Sukiyah hidup sebatang kara tanpa ada yang mau mengurusnya. Kondisi menyedihkan ini akhirnya sampai ke telinga Ardian Kurniawan Santoso, seorang relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang kemudian menolongnya.

Wanita yang tinggal di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini kemudian mendapatkan bantuan dari relawan tersebut.

Sukiyah

Sukiyah diinformasikan telah mengalami kebutaan sejak usia 5 tahun, lalu juga diikuti dengan kelumpuhan. Ibu kandungnya sudah meninggal dunia sekitar 3 tahun kemarin, saat ini Ia pun terpaksa tinggal sendirian di dalam rumah tanpa penerangan lampu.

"Kaget juga. Rambutnya gimbal sekitar 1,5 meter. Di rambutnya itu ada beberapa tikus, kecoa, ada juga tulang tikus, bangkai. Di lantai rumahnya itu banyak kotoran manusia," ucap Ardian disalin Fakta.id.

"Sama saya dia mau cerita, saya kira juga bakalan ngamuk. Tangan saya digenggam erat. Dia minta dibelikan susu. Mau dipotong rambutnya, tapi minta sampo hitam," ungkapnya lagi.

BAHAYA TIDAK MANDI UNTUK KESEHATAN

Terlepas dari kisah menyedihkan tersebut, tahukah sobat Fakta Mania kalau ternyata bila kita jarang mandi maka akan muncul beberapa bahaya yang mengincar. Berikut ini fakta-fakta mengenai bahaya tidak mandi setiap hari yang bisa didapatkan dari Fakta.id:

1. Penuaan dini pada kulit terutama wajah

Penuaan dini pada kulit terutama wajah

Fakta pertama mengenai bahaya tidak mandi setiap hari adalah terjadinya keriput serta penuaan dini terutama untuk kulit bagian wajah karena pada bagian ini cukup sensitif dan lebih halus. Kulit manusia diketahui membutuhkan air untuk bisa membuatnya terasa lembab dan terlihat lebih cerah. Oleh karena itu, kalau kalian jarang mandi, maka kulit akan kekurangan air yang membuatnya menjadi kering.

2. Penyakit Kulit yang mengancam

Penyakit Kulit yang mengancam


Lantaran tidak pernah mandi, Fakta Mania akan mengalami yang namanya beberapa penyakit kulit seperti jamur, panu, kurap dan lainnya. Penyakit ini muncul karena tertimbunnya kotoran dan kuman di permukaan kulit. Kalau sudah terjangkit penyakit kulit seperti ini, tidak akan ada teman yang mau mendekat. Jorok!

3. Lebih cepat gerah karena pori-pori tertutupi debu dan kotoran yang menumpuk

Lebih cepat gerah karena pori-pori tertutupi debu dan kotoran yang menumpuk


Pernah atau tidak sih pPada waktu Fakta Mania tidak mandi maka tubuh akan terasa lebih gerah dan mudah untuk mengeluarkan keringat hingga membuat tidak nyaman. Belum lagi kalau kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh membuat gatal, ini akan membuatnya semakin tidak nyaman untuk melakukan kegiatan apapun.

Baca juga: (5 Fakta Kisah Johny Indo Tinggal di Keluarga Penuh Toleransi Beragama)

4. Salah satu faktor insomnia

Salah satu faktor insomnia


Ini salah satu fakta yang cukup berbahaya bagi Fakta Mania yang jarang mandi, ternyata kalau tidak mandi akan membuatnya jadi sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak.

5. Bau Badan menyengat dan mengganggu

Bau Badan menyengat dan mengganggu


Bau apa ini? Siapa yang belum mandi nih? Mungkin pernyataan seperti ini sering kita dengar dari teman-teman atau kerabat yang tengah berkumpul. Berarti sudah jelas kalau tidak mandi maka akan mengeluarkan bau tidak sedap yang keluar dari dalam tubuh.

Tentu Fakta Mania tidak mau dong dijauhi oleh teman-teman karena bau badan lantaran tidak mandi. 

6. Tubuh akan mudah terasa lemas

Tubuh akan mudah terasa lemas


Mandi ternyata juga menjadi salah satu rutinitas yang bisa meningkatkan mood, bikin semangat, dan tubuh akan menjadi lebih enerjik. Sedangkan kalau Fakta Mania tidak mandi, maka akan terasa lemas, malas, dan hanya ingin tiduran di atas kasur saja.

Baca juga: ( 6 Fakta Tarif Ojol yang Diusulkan Naik jadi Rp2.500 per kilometer)

7. Sulit untuk berkonsentrasi

Sulit untuk berkonsentrasi


Memang tidak ada studi serius yang membuktikan bahwa tidak mandi berhubungan dengan konsentrasi seseorang. Namun percayalah kalau kalian tidak mandi, maka kalian akan lebih susah berkonsentrasi.

Rasa gatal, gerah, dan hal buruk lainnya bisa jadi penyebab dari konsentrasi sulit didapat saat belum mandi.

8. Rentan penyakit flu, demam hingga mimisan

Rentan penyakit flu, demam hingga mimisan


Oleh karena tubuh selalu berada dalam suhu yang tinggi, maka orang yang jarang mandi akan mudah terserang penyakit. Apalagi di permukaan kulitnya banyak kotoran dan debu yang mungkin saja mengandung virus.

Kalau mandi setiap hari, maka kalian bisa terhindar dari kemungkinan virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu disarankan untuk Fakta Mania agar bisa memperhatikan kebersihan tubuh dengan mandi rutin setiap hari.

9. Eksema akan mengintai orang yang jarang mandi

Eksema akan mengintai orang yang jarang mandi


Eksema merupakan sebuah penyakit kulit yang mengakibatkan penderitanya merasakan gatal yang sangat parah di permukaan kulitnya karena disebabkan oleh kebiasaan jorok salah satunya jarang mandi.

10. Dijauhi oleh orang yang ada di sekitar

Dijauhi oleh orang yang ada di sekitar

Teman, kerabat, bahkan keluarga mungkin akan menjauh kalian kalau jarang mandi. Tentu saja hal ini sangat wajar karena mereka tidak mau dekat-dekat dengan orang yang jarang mandi. Itu kebiasaan tidak baik!

11. Detoksifikasi tubuh terhambat

Detoksifikasi tubuh terhambat

Tubuh manusia diketahui mengandung banyak sekali racun yang berasal dari pestisida makanan atau air yang dikonsumsi. Racun tersebut tak akan bisa keluar dari tubuh bila pori-pori tersumbat oleh kotoran. Dengan melakukan aktivitas mandi, maka senyawa yang menutupi pori-pori tersebut bisa dibersihkan hingga proses detoksifikasi tubuh bisa berlangsung dengan baik.