8 Fakta Bahaya Menggunakan Softlens pada Mata yang Harus Diketahui - Fakta.id

8 Fakta Bahaya Menggunakan Softlens pada Mata yang Harus Diketahui

Last Updated 2020-02-14T02:49:23+00:00
8 Fakta Bahaya Menggunakan Softlens pada Mata yang Harus Diketahui

Dear Fakta Mania, selamat datang di Fakta.id yang kali ini akan membahas fakta tentang bahaya soflens yang ternyata juga sangat sering terjadi saat digunakan oleh manusia.

Apa saja fakta-fakta bahaya penggunaan soflens yang bisa kalian ketahui? Simak ulasan berikut ini!

1. Iritasi

8 Fakta Bahaya Menggunakan Softlens pada Mata yang Harus Diketahui

Bahaya penggunaan soflens yang pertama adalah terjadinya iritasi yang diakibatkan oleh mata tidak cocok karena menggunakan soflens yang mungkin mengandung zat-zat tak ramah mata.

Baca juga: (5 Fakta Bahaya yang Mengintai anak di Sekolah)

2. Infeksi

Setelah terjadi iritasi, bisa jadi akan berlanjut ke ranah yang ranah lebih serius, yaitu infeksi. Kalau sudah mengalami infeksi mata, diharapkan kalian bisa mengunjungi dokter terdekat.

3. Mata Perih

Saat menggunakan soflens juga ternyata tidak senyaman yang dipikirkan. Ada banyak sekali ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh penggunanya. Mulai dari gatal, terganggu, hingga rasa perih yang menyakitkan.

4. Lupa Tanggal Kadaluwarsa

Terkadang pengguna soflens akan melupakan tanggal kadaluwarsa dan baru menyadarinya setelah beberapa lama tanggal kadaluwarsa dilewati. Hal ini tentu akan sangat membahayakan.

5. Mata Kering

8 Fakta Bahaya Menggunakan Softlens pada Mata yang Harus Diketahui


Penggunaan softlens ternyata juga bisa mengakibatkan mata menjadi lebih kering karena secara tidak sadar, saat menggunakan softlens, mata kita mengeluarkan air karena ketidaknyamanannya hingga membuatnya seperti kemarau.

6. Penggunaan setiap hari

Jika setiap hari menggunakan softlens, maka terdapat sebuah cairan intraocular yang ternyata akan bisa menjadi pemicu masalah pada mata. Disarankan untuk kalian agar tidak menggunakannya setiap hari.

7. Alergi

Nah ini merupakan menjadi masalah yang paling sering terjadi, tidak cocok dengan sebuah softlens yang mengakibatkan masalah saat menggunakannya. Sulit bagi pengguna untuk mengetahui matanya cocok atau tidak secara instan, harus digunakan beberapa waktu terlebih dahulu. Setelah bermasalah, pengguna akan merasakan dampaknya tanpa bisa menghindarinya.

8. Kebutaan

Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa ternyata penggunaan softlens cukup berbahaya hingga bisa mengakibatkan kebutaan pada mata. Kalian harus sangat berhati-hati sebelum memutuskan menggunakan softlens.