11 Fakta dari Mitos Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui - Fakta.id

11 Fakta dari Mitos Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui

Last Updated 2020-02-17T01:16:25+00:00

Dear Fakta Mania, selamat datang di Fakta.id yang kali ini akan membahas fakta mengenai mitos-mitos soal virus corona yang belakangan ini menjadi masalah besar di kehidupan dunia.

Apa saja fakta-fakta dari mitos virus corona, simak uraian berikut ini:

1. Pengering Tangan

11 Fakta dari Mitos Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui


Beberapa waktu kemarin beredar kabar bahwa udara panas dari pengering tangan yang dipaparkan selama 30 detik bisa mencegah virus corona. Faktanya, pengering tangan tidak bisa melakukannya. Kamu harus cuci tangan untuk membersihkannya.

2. Ultraviolet

WHO telah memberikan informasi penting mengenai radiasi ultraviolet dari lampu UV bisa mengakibatkan iritasi kulit hingga tak boleh dipergunakan untuk membersihkan kulit.

3. Pemindai

Masih kutipan Fakta.id dari pernyataan WHO menjelaskan bahwa ternyata pemindai termal bisa saja luput dalam mendeteksi virus corona. Hal ini bisa terjadi pada orang yang sudah terinfeksi namun belum meraskan demam karena untuk mencapai kondisi demam butuh waktu sekitar 2 hari.

4. Klorin dan Alkohol

11 Fakta dari Mitos Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui

Dengan menyemprotkan alkohol atau klorin ternyata tidak akan membunuh virus corona. Bahkan, zat-zat ini juga dianggap bisa berbahaya bagi pakaian yang digunakan.

5. Paket

Menerima paket dari negara China sempat dihembuskan kabar bahwa akan rentan terserang penyakit virus corona. Padahal, kamu perlu ketahui bila virus corona tak akan bisa menempel dan bertahan lama pada surat atau paket.

6. Hewan Peliharaaan

Ada juga kabar yang menyatakan bahwa hewan peliharaan bisa menyebarkan virus corona. Padahal itu tidak benar.

"Saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus corona baru," kata WHO.

Kamu bisa terinfeksi bakteri ecoli dan salmonella jika berinteraksi dengan hewan tanpa cuci tangan.

7. Vaksin

Vaksin untuk Pneumonia ternyata tak bisa melindungi tubuh dari virus corona. Ini membutuhkan vaksinnya sendiri.

8. Garam

Ada pula kabar yang mengatakan bahwa dengan membilas hidung dengan garam akan bisa menghapuskan virus corona. Namun hal ini belum bisa dibuktikan secara nyata.

9. Obat Kumur

11 Fakta dari Mitos Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui

Mirip dengan garam, belum ada bukti yang nyata tentang obat kumur bisa mencegah virus corona.

10. Bawang Putih

Terdapat beberapa kabar yang cukup kencang berhembus bahwa dengan mengonsumsi bawang putih maka akan bisa mencegah infeksi virus corona.

11. Antibiotik

Perlu untuk diketahui bahwa antibiotik sudah dipastikan tidak bisa mengatasi virus corona. Bahkan antibiotik dilarang dipergunakan untuk pencegahan virus corona ini.