20 Fakta Planet Mars, Si Merah Tetangga Bumi - Fakta.id

20 Fakta Planet Mars, Si Merah Tetangga Bumi

Last Updated 2019-12-11T06:26:31+00:00
20 Fakta Planet Mars, Si Merah Tetangga Bumi

Fakta Planet Mars - Sebelumnya Anda pasti sudah mengetahui beberapa fakta planet mars ini, baik di sekolah, buku, dan media lainnya. Planet ini memiliki jarak pada bumi sekitar 225 juta km, planet mars memiliki banyak keunikan tersendiri. Mungkin ada beberapa dari Anda yang pernah melihat planet ini muncul di langit dengan warna yang berbeda dari bintang lainnya.

Planet ini adalah planet ke 4 yang dekat dengan matahari, beberapa perbedaannya dari planet lain membuatnya tampak indah dipandang. Jika dilihat dari bumi, mars akan berukuran sama dengan bintang namun memiliki warnanya yang beda yaitu merah.

Fakta Planet Mars
Planet Mars

Fakta Seputar Planet Mars

Biasanya di sekolah Anda akan dijelaskan mengenai informasi umum tentang planet mars, namun tidak dengan fakta lainnya. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik yang jarang diketahui oleh orang lain.

1. Dijuluki Sebagai Planet Merah

Planet ini memang terlihat dengan warnanya yang merah, terutama pada saat malam hari. Hal ini karena mars memiliki debu serta bebatuan yang penuh dan dapat membuatnya menjadi merah, termasuk pada saat berada di lihat dari bumi.

2. Punya Banyak Nama

Warna merah pada planet ini, menjadikannya sering dikaitkan dengan darah dan juga peperangan. Hal tersebut terjadi pada peradaban kuno, namun tetap dikenal hingga saat ini terutama dengan sebutan mars yang berasal dari nama dewa perang bangsa Romawi.

3. Punya Gunung Tertinggi di Tata Surya

Selain bumi, mars juga memiliki gunung tertinggi pada daerah permukaannya dengan nama Olympus Mons, tingginya mencapai tiga kali tinggi gunung Everest. Selain itu, gunung ini juga menjadi salah satu gunung paling tinggi di tata surya.

4. Memiliki Perputaran Waktu yang Lama

Jika bumi memiliki waktu 24 jam untuk satu hari, maka mars memiliki waktu yang sedikit lama yaitu sekitar 24 jam 30 menit. Walaupun hanya berbeda sedikit, namun siapa sangka jika ternyata satu tahun mars sama dengan dua tahun bumi yaitu 687 hari. Hal ini karena orbit mars lebih lonjong dan membutuhkan waktu berputar dari matahari yang lama.

5. Terdapat Sumber Air

Mars memiliki salah satu sumber air, walaupun sering dikenal memiliki iklim yang kering, sehingga banyak yang mempermasalahkannya. Planet ini memiliki lapisan es dan kutub yang memiliki uap air pada udara yang dihembuskannya. Ilmuan juga banyak menemukan danau pada lapisan es di kutub selatan Mars.

6. Punya Dua Satelit

Satelit pada planet ini bernama Phobos dan Deimos yang selalu kompak menjaga planet Mars. Keduanya memiliki pergantian layaknya matahari dan juga bulan. Phobos terbit dari timur dan akan tenggelam di barat, sementara Deimos dari barat tenggelam ke arah timur.

7. Memiliki Gravitasi Lebih Rendah

Walaupun banyak persamaan dengan Bumi, mars memiliki tingkat gravitasi yang lebih rendah dari bumi pada umumnya. Tingkat gravitasi mars hanya 62% sehingga saat ada bayi lahir maka sedikit tinggi dari bayi di Bumi, namun jika manusia lompat di mars maka tinggi lompatan tersebut hingga tiga kali lebih tinggi.

8. Terdapat Oasis

Jika bicara mengenai penghuni yang ada di planet atau alien dan sebagainya maka fakta Planet Mars juga memilikinya . Oasis ini merupakan tempat tinggal bagi makhluk hidup yang berada di Mars, dengan bentuk yang seperti kolam renang.

9. Pernah Memiliki Samudra

Mars pernah mempunyai samudra yang disebut sebagai lautan purba, samudra besar yang ada di Mars juga pernah mengalami tsunami. Sebagian peneliti, telah memperkirakan tinggi ombak saat tsunami yang hingga mencapai 122 meter.

10. Bukan Tempat Teraman untuk Manusia

Walaupun terlihat kering dan panas namun, mars memiliki suhu yang sangat dingin hingga -65 derajat celcius. Tidak ada atmosfer yang melindungi dari panas matahari, dengan 95% karbon dioksida, dan juga 1,6% argon. Selain itu terdapat 3% nitrogen, dengan tekanan udara hanya 1% dibanding Bumi, hal ini dapat membunuh manusia dengan cepat.

Fakta Lainnya dari Planet Mars

11. Memiliki lembah terbesar di tata surya dengan panjang 4000 km, lebar 200 km, dalam hingga 7 km.

12. Dapat membunuh Astronot jika melepas helm pelindung mereka.

13. Sering terjadi badai debu yang terjadi hingga waktu berbulan-bulan dan menutup permukaan mars.

14. Saat terjadinya sunrise serta sunset di planet ini akan ditandai dengan warna biru.

15. Memiliki empat musim seperti bumi, dan namun hanya bertahan dua kali lebih lama.

16. Memiliki tahun baru seperti bumi yaitu pada tanggal 23 maret setiap tahunnya.

17. Sumber air di Mars sebagian besar membeku dan hanya mengalir saat musim panas.

18. Jika diperhatikan, permukaan mars tampak seperti Bumi.

19. Ukurannya yang kecil sering kali disebut sebagai planet diet atau kecil.

20. Tidak mempunyai medan magnet.

Fakta planet Mars yang telah disebutkan di atas, merupakan gambaran dan juga hasil dari penemuan para ilmuan yang berhasil meneliti Mars. Planet ini bukanlah tempat yang cocok untuk manusia berlindung, karena suhu dinginnya yang sangat mematikan.

Untuk mendapatkan penemuan seperti ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan biaya untuk mengirim surat ke Mars perlu 226 juta. Masih ada beberapa fakta lainnya tentang planet merah yang cantik ini, walaupun belum diketahui kebenarannya.