21 Fakta Luar Angkasa Mengejutkan yang Mungkin Anda Belum Tahu

Fakta Luar Angkasa - Bebicara mengenai luar angkasa memang banyak sekali hal tidak dapat diduga. Bahkan dari apa yang sudah pernah diselidiki oleh manusia hingga sekarang. Luar angkasa merupakan sebuah wilayah yang tidak terhingga dan menjadi salah satu bukti kuasa Sang Pencipta. Fakta luar angkasa memang tidak mampu di jangkau dengan nalar manusia.

Karena sepandai apapun manusia, maka Ia tidak akan mampu menyamai alam yang telah diciptakan Oleh-Nya tanpa cela sedikitpun. Bahkan banyak berpendapat bahwa luar angkasa merupakan suatu hal yang sangat misterius. Berikut ini beberapa fakta mencengangkan mengenai luar angkasa.

Fakta Luar Angkasa
Luar Angkasa

Fakta-Fakta Luar Angkasa Yang Wajib Anda Ketahui

1. Bintang-bintang neutron yang ada di luar angkasa mampu berputar dengan sangat cepat

Bintang neutron merupakan salah satu titik paling akhir dari sebuah bintang yang bermassa besar. Bintang-bintang ini berputar dengan kecepatan hingga 600 putaran untuk setiap detiknya. Bintang tersebut lahir karena ledakan sebuah bintang supernove yang kemudian berputar dengan sangat cepat.

Bintang tersebut awalnya hanya mampu berputar 60 kali putaran saja untuk setiap detiknya. Namun karena keadaan tertentu, maka kecepatan menjadi meningkat hingga 10 kali untuk setiap putaran dalam tiap detiknya.

2. Satu hari berada di planet venus lebih dari 1 tahun berada di bumi

Planet venus yaitu planet yang memiliki rotasi sumbu sangat lambat dan membutuhkan waktu hingga 243 hari untuk memutar satu kali di Bumi. Jadi untuk satu kali revolusi Bumi sama halnya dengan satu rotasi Planet Vunus. Sedangkan Matahari sendiri terbit di atas Venus hanya sekali untuk setiap 117 hari.

3. Antartika memiliki suara

Gelombang suara memerlukan medium untuk dilewati. Karena tidak adanya sebuah atmosfer di dalam ruang hampa udara, maka dunia planet dan antar bintang juga akan selalu dalam kondisi sunyi senyap. Hal itu membuat terjadinya suara hanya akan ada pada tempat yang memiliki tekanan udara atau atmosfer.

4. Jumlah bintang di luar angkasa tidak terhitung jumlahnya

Jumlah bintang di alam semesta tidak akan pernah bisa diketahui berapa jumlahnya oleh manusia. Manusia hanya mampu mengetahui, jika jumlah bintang di luar angkasa sangat banyak dan tidak terhitung.

5. Matahari mendominasi massa tata surya hingga 99%

Jadi Matahari sangat berperan penting karena mendominasi massa tata surya. Sumber dari kehidupan kita cukup padat dan 99% massa dari keseluruhan yaitu tata surya. Hal itu yang membuat matahari secara gravitasi mampu mendominasi semua planet.

6. Ekor komet bukanlah dari ekor komet itu sendiri

Komet merupakan benda langit yang mampu meluncur dengan sangat cepat dan juga memiliki ekor panjang. Ekor komet tersebut bercahaya dan keberadaannya selalu menjauhi matahari. Namun sebenarnya yang dimaksud dengan ekor tersebut bukanlah ekor.

Melainkan suatu pancaran cahaya diakibatkan dari terbakarnya es yang menyelimuti komet tersebut sehingga terjadi sebuah proses sublimasi.

7. Peluncuran menuju luar angkasa sangat mahal

Untuk meluncurkan sesuatu menuju luar angkasa sangat mahal. Menurut insinyur dan ahli muatan luar angkasa yaitu Ravi Margasahayam menyampaikan bahwa untuk pengiriman ke luar angkasa sangat mahal, bahkan akan dikenakan biaya hingga $10.000 untuk setiap ponnya.

8. Matahari terbenam di Planet Mars berwarna biru

Jika Anda biasanya menyaksikan sunset di Bumi yaitu berwarna orange kemerahan. Namun akan berbeda jika menyaksikan matahari terbenam di Mars, karena warnanya biru.

9. Penuh sampah di luar angkasa

Ruang angkasa ternyata dipenuhi dengan sampah yang berupa satelit, roket yang sudah mati alias tidak berfungsi lagi.

10. Suhu di luar angkasa tidak hanya dingin, namun juga sangat panas

Jika selama ini Anda menganggap suhu di luar angkasa yaitu dingin. Ternyata hal itu salah, karena tidak semua suhu dil luar angkasa tersebut dingin malah bisa jadi sangat panas.

Fakta Luar Angkasa Lainnya

11. Jejak kaki seorang astronot di luar angkasa dapat bertahan hingga 100 juta tahun.

12. Satu hari berada di Venus sama halnya dengan 243 hari berada di Bumi.

13. 15 detik yaitu waktu yang digunakan untuk bertahan jika berada di luar angkasa dengan tidak mengenakan baju terutama bagi astronot.

14.Stasiun untuk Ruang Angkasa Internasional luasnya seperti lapangan sepak bola.

15. Ruang angkasa sebenarnya tidak kosong, namun banyak dipenuhi dengan kepadatan partikel seperti ruang plasma, sinar kosmik dan awan debu untuk antar bintang.

16. Ruang angkasa yaitu bukan tempat bebas.

17. Di luar angkasa itu gelap meskipun terdapat banyak bintang.

18. Galaksi Bima Sakti memiliki ribuan lubang yang berwarna hitam.

19. Diperkirakan terdapat lebih dari satu septitrilun bintang yang berada di alam semesta.

20. 99,8% massa dari sebuah tata surya yaitu Matahari.

21. Baju seorang astronot merupakan baju termahal untuk seluruh dunia.

21 fakta luar angkasa yang kami tuliskan di atas, semoga dapat menambah wawasan mengenai hal-hal di luar angkasa yang belum Anda ketahui.