20 Fakta Koala, Binatang Asli Australia Unik dan Menggemaskan - Fakta.id

20 Fakta Koala, Binatang Asli Australia Unik dan Menggemaskan

Last Updated 2019-12-12T08:09:54+00:00

Fakta Koala - Siapa yang tidak kenal dengan binatang koala? Salah satu bintang yang berwarna abu-abu kecokelatan dan sangat menggemaskan. Koala juga dikenal sebagai binatang berkantung, namun tidak hanya itu saja masih banyak fakta koala lainnya yang belum banyak diketahui.

Koala merupakan binatang asli dari Australia, karena saking menggemaskannya banyak sekali boneka koala yang dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke negara tersebut. Jadi Australia tidak hanya terkenal dengan binatang kangurunya saja, namun ada binatang koala yang juga cukup populer.

Fakta Koala
Koala

Fakta Binatang Koala Paling Menarik

1. Aborigin merupakan suku asal binatang koala

Banyak orang berfikir bahwa hewan ini diberi nama koala karena terdengar sangat unik dan imut. Namun sebenarnya nama koala tersebut berasal daru suku Aborogin, salah satu suku asli dari Australia yang artinya tanpa minum. Karena pada kenyataannya binatang ini memang sangat jarang minum.

Binatang ini mendapat suplai cairan dari makanan yang di makan yaitu daun kayu putih. Akan tetapi, koala sesekali juga membutuhkan air minum terutama ketika cuaca sedang kemarau dan udara panas.

2. Bayi koala memiliki nama yang unik

Koala berbeda dengan jenis binatang lainnya, bahkan bayi koala memiliki nama yang cukup unik yaitu Joey. Koala hanya akan melahirkan satu anak dalam waktu satu tahun. Bayi koala ketika lahir tidak bisa melihat dan tanpa bulu. Hal itu yang membuat koala dewasa harus tetap menjaga bayinya agar tetap aman.

3. Koala berbeda dengan beruang

Banyak orang beranggapan bahwa koala merupakan salah satu binatang dari keluarga beruang. Jika dilihat sekilas memang hampir sama. Namun sebenarnya koala bukan dari keluarga beruang. Justru binatang yang satu ini mirip dengan kanguru, karena ia memiliki kantong dalam perutnya yang digunakan untuk menggendong bayinya dan menjaganya agar tetap aman.

4. Koala hampir punah

Pohon kayu putih merupakan rumah koala, namun pohon ini bukan jenis pohon yang dilindungi. Hal itu sebagai penyebab koala banyak yang mati kelaparan karena kehilangan pohon sebagai sumber makanannya. Kini, Australia sudah kehilangan hingga 90% koala dan hanya tersisa sekitar 8.000 koala yang menyebar di beberapa hutan kayu putih.

5. Koala pandai berenang

Koala menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon. Namun binatang ini ternyata juga pandai berenang. Koala ini mampu melintasi sungai tanpa harus tenggelam.

6. Koala merupakan hewan pemalas

Koala merupakan salah satu hewan pemalas, karena binatang ini hampir menghabiskan seluruh waktunya untuk tidur. Dalam sehari, koala bisa tidur kurang lebih 18 hingga 22 jam. Sisa waktu 2 jamnya untuk mencari makan.

7. Koala merupakan hewan pemilih makanan

Koala merupakan salah satu binatang yang pilih-pilih makanan. Meskipun hanya memakan daun, namun koala hanya mau makan daun kayu putih yang berasal dari tempat binatang tersebut tinggal. Mereka juga hanya mau makan daun pada bagian puncaknya yang masih muda saja.

8. Koala sangat agresif ketika terancam

Koala akan menjadi sangat agresif ketika hidupnya terancam. Misalnya saja ada seseorang yang mengganggu kehidupannya, maka ia mampu mencakarnya dan pandai dalam melindungi diri.

9. Gigitan koala sangat tajam

Koala ini sekali menggigit maka dapat menimbulkan luka dalam. Karena sekali menggigit, binatang ini akan menekankan giginya dan tidak melepaskannya.

10. Koala mampu berlari sangat kencang

Jangan heran, jika Anda mengganggunya maka binatang ini akan mengejar dengan sangat kencang.

Fakta Koala Lainnya

11. Ketika koala memeluk Anda, sebenarnya binatang tersebut sedang mengatur suhunya karena merasa panas.

12. Koala merupakan hewan yang tidak peduli dengan orang yang mendekatinya. Binatang ini tidak dapat membedakan mana orang yang akan menolongnya atau mencelakainya.

13. Koala meruapakan binatang yang bodoh. Binatang ini memiliki rasio tubuh dan otak paling kecil dibanding dengan jenis mamalia lainnya. Sehingga tidak heran jika waktunya hanya dihabiskan untuk tidur.

14. Kebanyakan koala di Australia mengindap penyakit kelamin. Koala yang terinfeksi akan mengalami kebutaan dan infertilitas.

15. Koala menggunakan 5 jari kaki depan yang sangat kuat untuk memegang makanan dan berpegangan pada cabang pohon.

16. Koala akan mengalami masa kawin ketika usia sudah dewasa. Untuk koala betina sekitar usia 2 tahunan, sedangkan koala jantan pada usia 3 hingga 4 tahunan.

17. Koala merupakan salah satu binatang yang berkerabat dengan kanguru. Kedua binatang ini sama-sama memiliki kantong untuk melindungi anaknya.

18. Koala memiliki usia hidup yang lama sekitar 12 hingga 16 tahun.

19. Koala merupakan binatang yang mengkonsumsi hal aneh seperti tanah atau batu untuk membantu mereka dalam mencerna daun kayu putih yang mereka makan.

20. Tubuh anak koala tidak lucu, karena sama sekali tidak memiliki bulu.

Itulah beberapa fakta hewan Koala yang unik dan sangat menggemaskan. Agar koala tidak punah, maka harus dijaga kelestariannya.