Fandom KPOP Paling Menyebalkan dan Toxic, Pasti Jawabannya ARMY Fans BTS - Fakta.id

Fandom KPOP Paling Menyebalkan dan Toxic, Pasti Jawabannya ARMY Fans BTS

Last Updated 2020-08-06T01:55:29+00:00
Fandom KPOP Paling Menyebalkan dan Toxic, Pasti Jawabannya ARMY Fans BTS

Baru-baru ini muncul sebuah pertanyaan yang cukup banyak dicari oleh para penggemar KPOP di mesin penelusuran terkait dengan tiga topik, yaitu fandom paling menyebalkan, fandom KPOP paling menyebalkan dan fandom paling toxic.

Untuk sementara ini, sepertinya jawaban tersebut akan mengerucut kepada salah satu fandom yang berasal dari seorang idol grup paling populer di industri KPOP sekarang, yaitu BTS.

ARMY, nama sebutan penggemar BTS memang terkenal dengan komunitas fandom yang paling menyebalkan dan toxic. Banyak yang menganggap bahwa ARMY merupakan komunitas fandom yang sering mengkritik banyak hal namun tidak mau dikritik.

Army BTS Menyebalkan dan Toxic
BTS ARMY - Foto: Liputan6.com

Tidak Semua ARMY Menyebalkan dan Toxic

Namun, perlu juga diketahui bahwa sebenarnya untuk penggemar BTS, ARMY, tidak semuanya seperti itu. Mengingat banyaknya jumlah ARMY yang tersebar di seluruh dunia, tentu saja mempunyai pola pikir yang beragam.

Mungkin oleh karena segelintir ARMY yang melakukan perbuatan berlebihan, maka pandangan orang terhadap ARMY berubah menjadi negatif. Padahal, bila dilihat kembali, ada cukup banyak ARMY yang bijak, dewasa, dan baik dalam mengambil tindakan.

Selain itu, loyalitas ARMY sebagai penggemar BTS memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana eksistensi BTS dari awal debut pada tahun 2013 hingga kini yang masih terus bertahan.

Sejumlah produk-produk yang diiklankan oleh BTS juga menjadi bukti bahwa kekuatan BTS terletak pada ARMY yang senantiasa mendukungnya tak hanya lewat kata-kata dan semangat, namun juga dengan fisik, materi, dan lainnya.