15 Fakta Hutan Amazon, Rumah Hewan Buas Nan Menyeramkan

Fakta Hutan Amazon - Hutan Amazon adalah nama yang sering didengar di film-film barat terkenal. Bukan daerah fiktif namun hutan di Amazon ini benar adanya di sisi bumi bagian barat. Hutan Amazon merupakan salah satu hutan tropis di dunia. Fakta Hutan Amazon yang diketahui banyak orang adalah banyak hal-hal yang menyeramkan disana.

Hutan Amazon
Hutan Amazon

Namun jangan dilihat dari sis menyeramkannya saja, hutan ini menyembunyikan berbagai fakta yang menarik perhatian. Yuk simak fakta-fakta yang harus Anda tahu mengenai hutan Amazon.

Fakta Menarik Hutan Amazon

1. Hutan terluas di dunia

Hutan Amazon adalah hutan terluas di dunia karena terletak di 9 negara dengan luas 5,5 juta kilometer persegi dari keseluruhan  luas amazon yaitu 7 juta kilometer persegi. Negara dengan letak hutan amazon terbesar adalah Brasil yaitu sekitar 60% hutan ini terletak disana. Negara lainnya seperti Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Suriname, Guyana, dan Prancis.

2. Paru-paru dunia terbesar

Semua hutan di dunia merupakan paru-paru dunia karena tumbuhan hijau hutan menghasilkan udara yang mengandung oksigen untuk kehidupan makhluk lain. Namun, yang membuat hutan amazon menjadi paru-paru dunia terbesar adalah oksigen yang dikeluarkan sebanyak 30% oksigen yang ada di dunia.

3. Memiliki sungai amazon yang panjang

Jika dilihat dari atas, pemandangan hutan ini kan menampakkan hutan yang luas dan lebat serta terdapat sungai yang menjalar memberikan keindahan yang sangat menakjubkan. Tidak hanya itu, ternyata sungai amazon memproduksi 20 persen air tawar untuk bumi.

4. Disebut dengan Neraka Hijau

Mengapa Hutan Amazon dianggap sebagai neraka hijau? Seperti yang Anda tahu bahwa hutan ini memiliki sungai yang panjangnya 6400 kilometer. Sungai Amazon ini selalu meluap setiap tahunnya, letaknya yang terdapat di tengah hutan sehingga dikerubungi oleh hijaunya pohon-pohon. Dan juga banyak hewan-hewan seperti serangga yang berbahaya di hutan amazon ini.

5. Banyaknya hewan-hewan yang tinggal di hutan ini

Hewan yang tinggal di hutan ini berjumlah tiga puluh persen dari total hewan yang ada di dunia. Jenis-jenis binatang yang hidup di hutan ini adalah tapir, babi hutan, jaguar, anakonda, elang harpy, dan berbagai macam binatang lainnya. Selain itu, serangga juga terdapat disana. Serangga yang ada di hutan amazon terkenal dengan kebuasannya dan sering menyerang makhluk lain.

6. Sejarah suku asli yang berbahaya

Cerita amazon di jaman dahulu adalah suku asli yang bernama Huaorani dianggap suku yang paling berbahaya. Suku ini tidak pernah kalah menghadapi musuhnya. Siapa yang mengganggu suku ini maka akan dilawan termasuk pelayar dari Eropa pada abad pertengahan. Suku Huaorani berperang melindungi tempat tinggal mereka agar tidak diusik oleh para pelayar.

7. Rumah masyarakat adat Urarina

Banyaknya suku yang tinggal di hutan amazon menjadikan amazon sebagai rumah bagi suku-suku dunia. Salah satu sukunya adalah Urarina. Suku Urarina ini terletak di Negara Peru.

8. Salah satu keajaiban dunia

Hutan amazon dijadikan sebagai salah satu keajaiban alam dunia versi New7Wonders. Keajaiban yang dimiliki oleh hutan ini adalah banyaknya hal-hal yang menakjubkan sehingga mampu membuat manusia kagum dan selalu teringat dengan amazon.  

9. Telah menjadi destinasi wisata

Meskipun hutan ini terkenal dengan banyaknya bahaya dan menyeramkan, namun saat ini sudah tidak lagi. Hutan amazon dikenal sebagai wisata yang eksotis sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya. Bahkan saat Anda ingin berlibur ke hutan ini ada pemandu atau agen perjalan yang bisa menemani Anda berkeliling untuk lebih mengenal hutan amazon.

10. Tempat yang digunakan untuk syuting film-film terkenal

Hutan Amazon adalah pemandangan yang pas untuk latar belakang film-film berbagai macam genre. Film yang diambil di hutan amazon ini antara lain The Lost City of Z, Amazonia, Embrace of the Serpent, The Mission, dan beberapa film lainnya. Tonton saja filmnya dan Anda akan takjub dengan keindahan hutan amazon.

Selain fakta di atas, ada beberapa fakta Hutan Amazon yang harus Anda ketahui.

Fakta Hutan Amazon Lainnya

11. Hutan ini memiliki sekitar 40.000 species tanaman dan 16.000 jenis pohon, tanaman di hutan ini antara lain pohon kapok, bunga teratai raksasa, jarda, sapodilla, pohon pisang, dan yang lainnya.

12. Martin Strel adalah orang yang berhasil berenang menyusuri sungai amazon dalam 66 hari.

13. Terdapat suku Indian dari Amerika yang tinggal dan menetap di hutan amazon.

14. Sering terjadi kebakaran dan tahun 2019 adalah kebakaran dengan rekor terparah

15. Tamu yang datang di acara oscar 2019 mendapatkan tiket liburan ke hutan amazon.

Bagaimana? Apakah Anda ingin mengunjungi Hutan Amazon seperti tamu acara oscar? Keindahan Hutan Amazon tidak perlu diragukan lagi.

Jika Anda berlibur ke Amerika Serikat jangan lewatkan salah satu tempat menarik ini.