6 Fakta yang Harus Diketahui soal Hilangnya Channel YouTube Calon Sarjana - Fakta.id

6 Fakta yang Harus Diketahui soal Hilangnya Channel YouTube Calon Sarjana

Last Updated 2020-01-24T06:26:42+00:00
6 Fakta yang Harus Diketahui soal Hilangnya Channel YouTube Calon Sarjana

Channel YouTube yang bernama Calon Sarjana beberapa waktu kemarin sempat membuat heboh oleh karena sebuah konten plagiat. Namun sekarang channel tersebut kembali membuat heboh dengan menghilang dari dunia YouTube.

Hal ini pun membuat banyak netizen yang merasa penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan channel yang sudah mempunyai 12 juta subscriber tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa fakta yang bisa kami berikan mengenai Calon Sarjana yang menghilang dari YouTube:

1. Pelanggaran Hak Cipta jadi penyebab Hilangnya Calon Sarjana

Channel Calon Sarjana dikabarkan telah menghilang karena pelanggaran hak cipta dari berbagai pihak ketiga. Oleh karena itulah, pihak dari YouTube melakukan suspen terhadap akun tersebut.

2. Channel Calon Professor menghapus video-videonya

Tak cuma channel calon sarjana saja yang bermasalah, bahkan channel calon professor juga menghapus seluruh video-videonya. Hanya ada calon sutradara dan calon atlet yang belum tersentuh.

3. Calon Sarjana menggunakan akun cadangan

Berdasarkan pantauan Fakta.id, channel Calon Sarjana telah menggunakan channel lainnya untuk digunakan kembali yang mempunyai 2,5 juta subscriber. Padahal sebelumnya channel Calon Sarjana mempunyai subscriber sebanyak 13 juta orang. Di channel youtube Calon Sarjana sekarang pun tidak mempunyai satu video pun.

4. Akun cadangan yang digunakan sebelumnya bernama Calon Ilmuwan

Menurut informasi yang didapatkan, ternyata channel baru Calon Sarjana menggunakan channel lain miliknya yang bernama Calon Ilmuwan dan kemudian diubah namanya menjadi Calon Sarjana.

5. JT Ikut Mengomentari kasus hilangnya channel Calon Sarjana

Seorang YouTube bernama JT yang merupakan salah seorang youtuber ternama yang memprotes Calon Sarjana juga turut mengomentar kasus ini. Ia mengatakan bahwa channel Calon Sarjana sudah dihapuskan. Ia menulisnya lewat twitter, @JTonYouTube, Ia menulis kalau akun Calon Sarjana telah 'terminated' atau dimatikan.

6. Komentar Netizen beragam soal kasus hilangnya channel ini

Menanggapi hilangnya calon sarja membuat netizen menjadi riuh. Banyak dari mereka yang merasa senang karena sudah seharusnya calon sarjana dihapus karena terlalu banyak melanggar hak cipta.

Tak sedikti juga netizen yang bercanda dengan kasus ini.

"Calon Sarjana sudah lulus ya?" tulis seorang netizen.

"Calon Sarjana wisuda?? revisi brp kali tuh skripsinya," ujar netizen lain.

"What the ...? Pagi2 liat trend twitter begini? Awalnya gk percaya setelah disearch di youtube dan social blade akunnya memang sudah ditake down sama pihak youtube? 13juta subs, Calon Sarjana kini sudah Sarjana, congratulations," tukas netizen lainnya.