9 Fakta Sosok Di Balik Sanksi UEFA untuk Manchester City - Fakta.id

9 Fakta Sosok Di Balik Sanksi UEFA untuk Manchester City

Last Updated 2020-02-15T08:42:58+00:00
9 Fakta Sosok Di Balik Sanksi UEFA untuk Manchester City

Dear Fakta Mania, selamat datang di Fakta.id yang kali ini akan membahas fakta tentang sanksi Manchester City yang tidak diperbolehkan bermain di Liga Champion.

1. Rui Pinto

9 Fakta Sosok Di Balik Sanksi UEFA untuk Manchester City


Sosok bernama Rui Pinto menjadi orang yang dianggap membuat Manchester City diberikan sanksi oleh UEFA.

2. Peretasan

Rui melakukan peratasan terhadap jutaan dokumen lalu membocorkannya ke media di Jerman.

3. City Terbukti Bersalah

Manchester City terbukti bersalah dengan melanggar Financial Fair Play dan telah memanipulasi dana sponsor selama 4 tahun sejak 2012-2016.

4. Larangan Bermain

City pada akhirnya mendapatkan sanksi keras dari UEFA tidak boleh bermain di Eropa selama 2 tahun.

"Badan Ajudikasi setelah mempertimbangkan semua bukti, menemukan bahwa Manchester City Football Club melakukan pelanggaran serius terhadap peraturan Lisensi Klub UEFA dan Financial Fair Play. Mereka menggelembungkan pendapatan sponsor dalam laporan keuangan pada rentang 2012 hingga 2016 yang diserahkan ke UEFA." tulis UEFA disalin Fakta.id.

5. Der Spiegel

Media yang ada di Jerman, Der Spiegel pertama kali mengangkat soal kasus yang membelenggu Manchester City ini. Pada tahun 2018 kemarin, Der Spiegel menjelaskan pelanggaran Financial Fair Play yang sudah dilakukan oleh Manchester City.

6. Bukti

9 Fakta Sosok Di Balik Sanksi UEFA untuk Manchester City

Seorang pria bernama Rui Pinto menjadi aktor di balik pembocoran dokumen tersebut. Kemudian Ia membagikannya dengan cara membuat situs Football Leaks pada tahun 2015. Ia membagikan temuannya di sana.

7. 70 Juta Dokumen

Pinto tak cuma membongkar dokumen City saja, tetapi ada sekitar 70 juta dokumen. Jadi untuk kasus City, hanya salah satunya saja.

8. Pinto masuk penjara

Oleh karena dianggap melakukan pelanggaran privasi, Pinto dienjarakan pada Maret 2019 kemarin.

9. Free Pinto

Oleh karena UEFA secara resmi memberikan sanksi terhadap City, Pinto pun mendapatkan banyak dukungan. Tagar #FreeRuiPinto sempat menjadi trending di twitter.