20 Fakta Politik Keamanan ASEAN Yang Jarang Diketahui - Fakta.id

20 Fakta Politik Keamanan ASEAN Yang Jarang Diketahui

Last Updated 2019-12-11T06:43:35+00:00
20 Fakta Politik Keamanan ASEAN Yang Jarang Diketahui

Fakta Politik Negara ASEAN - Fakta politik negara ASEAN yang paling umum diketahui yaitu tanggal 8 Agustus, yang telah menjadi hari persatuan dari seluruh negara yang ada di Asia Tenggara. ASEAN sendiri didirikan serta dibentuk di Bangkok, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 1967 yang terdiri dari banyak negara besar.

Salah satu negara tersebut adalah Negara Indonesia yang dibentuk dari hasil deklarasi Bangkok, dan terus berkembang hingga saat ini. Banyak sekali negara dari ASEAN yang menjadi incaran para turis yang ingin berwisata dan mengunjungi negara tersebut untuk sekedar singgah dan berlibur atau tinggal dalam waktu lama.

Fakta Negara ASEAN
Fakta Negara ASEAN

Fakta Menarik Negara ASEAN

Banyaknya negara di kawasan Asia Tenggara, tentunya menyimpan segudang keunikan yang berbeda-beda untuk setiap negara yang ada. Berikut ini adalah seputar informasi dari rangkaian fakta politik negara ASEAN.

1. Indonesia

Negara kemerdekaan Indonesia ini memiliki penduduk yang ramah dan sudah banyak dikenal hingga seluruh negara. 75% kawasan Indonesia adalah laut, Indonesia juga disebut dengan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam. Berbagai macam suku, provinsi, serta perbedaan adat dan budaya yang beragam dan juga unik membuatnya ramai didatangi wisatawan asing.

2. Thailand

Negara ini memiliki banyak keunikan dan hal menarik yang membuatnya beda dari negara lainnya. Salah satunya jika di Indonesia toilet hanya ada dua yaitu untuk pria dan wanita, maka Thailand ada tiga toilet terdiri dari wanita, pria, dan transgender.

3. Singapura

Negara ini disebut dengan Negeri Lebah Terbang, karena mayoritas penduduknya yang dapat berjalan dengan cepat. Negara ini juga banyak menyimpan keindahan dan keunikan lainnya di berbagai tempat, selain itu masyarakatnya juga sangat menghargai waktu dan pekerja keras.

4. Vietnam

Masyarakat dari Vietnam selalu identik dengan piyama yang digunakan oleh mereka, untuk berbagai suasana yang ada setiap harinya. Selain wisata dan keindahan yang ada, kebiasaan masyarakat Vietnam juga unik karena tidak pernah menghabiskan minuman teh mereka sampai tidak tersisa.

5. Myanmar

Ada ragam hal menarik dari negara ini, mulai dari penduduknya, tempat wisata, dan budaya dan sebagainya yang tidak dimiliki negara lain. Penduduk Myanmar biasanya mengikatkan lingkaran pada leher ketika anak perempuan tersebut telah berusia 5 tahun.

6. Malaysia

Negara yang satu ini merupakan salah satu negara tetangga yang dekat dengan Indonesia, dalam dunia yang berhubungan dengan pariwisata Malaysia ini terbilang cukup terkenal. Tidak hanya itu, ada banyak kebiasaan penduduk yang terlihat sangat unik.

7. Filipina

Negara ini sering disebut sebagai negara text di dunia, serta memiliki kurang lebih warisan dunia UNESCO yang berjumlah hingga 10 situs. Saat perang negara ini merupakan satu-satunya negara yang dapat merubah warna benderanya, baik saat perang atau saat berdamai.

8. Brunei Darussalam

Negara ini dijuluki juga sebagai negara yang sangat makmur dan juga maju, karena banyak sekali tempat umum dengan fasilitas gratis. Penduduk negara ini juga sangat sedikit, sehingga hal ini bisa saja dikarenakan jumlah penduduknya yang tidak banyak.

9. Kamboja

Negara yang memiliki danau terbesar di Asia Tenggara ini, dikenal juga dengan transportasinya yang sangat unik bernama tuk-tuk. Selain itu Kamboja juga dilengkapi dengan berbagai macam kekayaan alam yang unik dan juga melimpah.

10. Laos

Salah satu negara yang paling banyak di isi dengan daratan adalah Laos, karena negara ini tidak memiliki laut. Sehingga tidak heran jika negara ini memanfaatkan Sungai Mekong untuk membantu mengairi sawah, sebagai pembangkit listrik, dan sebagainya yang dapat membantu kebutuhan.

Fakta Seputar Negara ASEAN Lainnya

11. Memiliki jumlah penduduk yang besar yaitu bisa mencapai 628 juta orang, setara dengan 10% dari populasi yang ada di dunia.

12. Jumlah perusahaan besar di negara ASEAN mencapai angka 227, dan masih terus meningkat.

13. Sekjen dari kawasan ASEAN biasanya dipilih berdasarkan abjad.

14. Sebelumnya hanya berjumlah dari lima negara, namun saat ini sudah berkembang hingga 10 negara.

15. Dikenal sebagai organisasi yang memiliki anggota beragam.

16. Terdapat beberapa negara yang di percayai sebagai negara produsen ikan yang terbesar dan paling banyak di dunia

17. Penduduk atau masyarakat di berbagai negara yang ada di Asia Tenggara dapat menempati posisi ketiga dari seluruh dunia.

18. Kantor Sekretariat ASEAN berada di Indonesia, tepatnya di kota Jakarta.

19. Singapura, Indonesia, dan juga Malaysia memiliki bulan kemerdekaan yang sama yaitu bertepatan pada bulan Agustus.

20. Penduduk Indonesia, menjadi negara paling banyak mengonsumsi mie instan dan makanan cepat saji, di antara negara ASEAN lainnya.

Berbagai penjelasan mengenai fakta dari negara ASEAN di atas diambil secara umum dari berbagai informasi yang berhubungan dengan negara ASEAN. Selain dari penjelasan diatas masih ada banyak keunikan serta fakta lainnya yang belum dijelaskan secara detail dan padat.

Mengingat bahwa banyak sekali fakta yang terdapat menjadikan kawasan Asia Tenggara ini menjadi salah satu kawasan istimewa yang mengundang banyak wisatawan untuk datang. Hal ini tentu karena banyaknya fakta politik negara ASEAN dengan keindahan negara serta ciri khas negara yang sangat beragam dan juga menarik.