13 Fakta iKON, KPop Idol Ganteng Yang Pernah Ke Indonesia - Fakta.id

13 Fakta iKON, KPop Idol Ganteng Yang Pernah Ke Indonesia

Last Updated 2019-11-27T15:35:38+00:00
13 Fakta iKON, KPop Idol Ganteng Yang Pernah Ke Indonesia

Fakta iKON - iKON adalah salah satu idol group di bawah naungan YG Entertainment. Agensi besar korea ini selalu melahirkan grup yang terkenal dan populer di kalangan K-popers. iKON memiliki karakter yang kuat dan memiliki keunikan tersendiri. Mengikuti kesuksesan sunbaenya yaitu Big Bang, 2ne1, Winner. Fakta iKON menjadi perhatian banyak Ikonic yaitu fans iKON.

Beberapa bulan lalu iKON memiliki sebuah tragedi yang sangat tidak diharapkan. Namun, tetap grup ini masih bisa berdiri hingga saat ini. Yuk ikuti fakta-fakta menarik tentang iKON.

Fakta iKON
Fakta iKON

Fakta-Fakta iKON Paling Menarik

1. Dimulai dari WIN (Who Is Next)

WIN atau Who Is Next adalah salah satu survival program YG Entertainment yang diikuti oleh anggota iKON. Dalam program ini iKON sebagai Team B yang dimentori oleh G-Dragon Big Bang. Team B harus melawan Team A yang dimentori oleh Taeyang Big Bang. Namun, saat di final Team B dikalahkan oleh Team A. Sehingga Team B gagal didebutkan untuk saat itu.

2. Berlanjut di survival program Mix and Match

Tidak menyerah setelah WIN, member iKON kembali mengikuti survival program Mix and Match tahun 2014 yang diadakan oleh YG Entertainment. Awal program ini, B.I, Bobby, dan Jinhwan sudah dibentuk sebagai anggota grup. Sedangkan member lain harus mengikuti kompetisi yang akhirnya dimenangkan oleh Ju-ne, Donghyuk, Yunhyeong, dan Chanwoo sebagai member iKON.

3. Di balik nama iKON

Nama iKON yang diadaptasi dari kata icon, adalah suatu harapan Yang Hyun Suk agar grup yang diraciknya ini mampu menjadi ikonnya Korea. Huruf K sebagai ganti huruf c itu menggambarkan Korea dan K-pop. Sempat dituding menjiplak logo perusahaan korea, YG Entertainment membantah dengan menjelaskan bahwa logo iKON terinspirasi dari bendera Korea Selatan.

4. Album debut “Welcome Back” tahun 2015

Tahun 2015 adalah awal debut ketujuh member iKON sebagai idol group. Album debutnya “Welcome Back” dibagi menjadi dua bagian yaitu “Debut Half Album” dan “Debut Full Album. Kesuksesan debut iKON membuat albumnya terjual laris manis dan lagunya sempat menduduki posisi tangga lagu teratas. Gaon Chart adalah salah satu tangga lagu yang diduduki iKON saat itu.

5. Pencipta lagu yang handal

YG Entertainment memang terkenal dengan artis-artis yang memiliki multitalent. Tidak hanya Big Bang yang sukses menciptakan lagu sendiri. B.I dan Bobby adalah member yang mempunyai kontribusi paling besar dalam menciptakan lagu-lagu yang dibawakan iKON. Mereka menciptakan lagu bersama dengan member-member lain.

6. Memboyong banyak penghargaan

Awal debut iKON sudah bisa membawa pulang penghargaan Best New Artis pada sebuah ajang penghargaan. Piala juga didapatkan dari ajang bergengsi seperti Mnet Asian Music Awards, Melon Music Awards, Golden Disc Awards, Gaon Chart K-pop Awards, dan Seoul Music Awards.

7. Lagu-lagu yang easy listening

Siapa K-popers yang tidak mengetahui lagu grup ini? Non-kpopers juga tau tembang yang dibawakan oleh iKON dengan judul “Love Scenario”. Lagu ini bisa didengarkan oleh penggemar korea maupun bukan karena lagunya memang sangat asyik beatnya. Lagu “Love Scenario” membuat popularitas iKON semakin meningkat.

8. Tampil di Asian Games 2018

Diberikan kesempatan terhormat tampil di panggung closing ceremony Asian Games tahun 2018 di Indonesia sebagai perwakilan dari Korea Selatan. Lagu yang dibawakan saat itu adalah “Love Scenario” dan “Rhythm Ta”. Penutupan Asian Games 2018 sangat meriah dengan teriakan-teriakan iconic yang menyanyi bersama iKON.

9. Ju-ne sempat terjerat kasus

Perjalanan sebagai idol group tidak selalu mulus. Salah satu member yang terjerat kasus yaitu Ju-ne. Saat itu Ju-ne berkata bahwa dirinya tidak suka diatur oleh fans saat Ju-ne disuruh menghapus salah satu foto hadiah dari aktor Jepang yang mempunyai kontroversi dengan Korea Selatan. Dan akhirnya, Ju-ne meminta maaf atas sikapnya yang dianggap arogan .

10. Tersandung narkoba, B.I hengkang dari iKON

Leader iKON yaitu B.I terjerat kasus narkoba. Pada awal tahun 2019 beredar chatnya dengan seseorang yang berinisial A sehingga menjadikan B.I dituding sebagai pengguna narkotika. Karena kasus tersebut, YG memutuskan kontrak dengan B.I yang membuatnya harus mengakhiri karirnya dan keluar dari YG Entertainment

Fakta iKON yang lainnya, yaitu:

11. Sering mendapatkan cap sebagai grup yang memiliki bad attitude karena sikapnya saat di panggung atau di depan kamera.

12. Saat B.I hengkang dari iKON, B.I sempat menuliskan permintaan maaf melalui feed instagramnya.

13. Pada September 2019, B.I Eks iKON dinyatakan sebagai tersangka pengguna ganja.

14. Meskipun beberapa kasus sering menjerat iKON, fans iKON yaitu iconic tetap mendukung iKON terlihat saat iKON datang ke Indonesia di sambut hangat oleh penggemarnya.

Fakta iKON di atas memberikan gambaran bagaimana perjalanan-perjalanan iKON sebagai idol group papan atas. Tetap berikan dukungan kepada iKON agar terus menghasilkan karya-karya yang mengesankan.