6 Fakta Cara Pakai Masker yang Benar supaya Tak Tertular Virus Corona - Fakta.id

6 Fakta Cara Pakai Masker yang Benar supaya Tak Tertular Virus Corona

Last Updated 2020-01-25T02:21:11+00:00

Selamat datang di situs Fakta.id yang kali ini akan membahas tentang sejumlah fakta tata cara pemakaian masker yang benar supaya tidak tertular virus berbahaya seperti corona.

Virus corona diketahui telah membuat heboh dunia karena sudah menjangkit ratusan orang serta puluhan lainnya meninggal dunia. Inilah fakta tentang pemakaian masker yang benar supaya bisa terhindar dari virus corona:

1. Cuci Tangan sebelum menggunakan Masker

Cuci Tangan sebelum menggunakan Masker


Cara pasang masker yang benar agar terhindar dari virus berbahaya adalah cuci tangan. Jangan menganggap enteng cuci tangan sebagai salah satu cara paling utama untuk menghindari tertular virus corona. Jadi untuk kalian yang ingin mengenakan masker, hendaknya melakukan cuci tangan minimal selama 30 detik menggunakan sabun antiseptik.

2. Besi penekuk berada di posisi atas

Besi Penekuk di atas


Fakta kedua tentang pemasangan masker yang benar supaya terhindar dari virus adalah besi penekuk. Pastikan untuk besi penekuk yang terdapat di dalam masker harus berada di posisi atas. Banyak juga pengguna masker yang lupa atau menyepelekan hal ini karena menganggap bahwa posisi atas dan bawah sama saja, padahal jauh berbeda.

3. Tekan besi penekuk sesuai dengan lekuk hidung

Tekan besi penekuk sesuai dengan lekuk hidung


Pakai masker, jangan sampai cuma berfokus pada telinga saja. Tekuklah besi penekuk yang ada di masker sesuai dengan lekukan hidung agar tidak ada celah untuk udara masuk dari atas. Hal ini bisa memaksimalkan proteksi masker dari virus-virus berbahaya.

4. Pada posisi bawah jangan biarkan banyak celah di bagian dagu

Pada posisi bawah jangan biarkan banyak celah di bagian dagu


Untuk tutorial yang keempat untuk memasang masker yang benar agar terhindar dari virus yaitu menarik masker di bagian bawah. Pada bagian dagu, cobalah untuk menarik masker tersebut sampai ujung hingga menutupi seluruh celah yang kemungkinan ada di bagian bawah dagu tersebut. Jangan biarkan ada celah yang besar di sana.

5. Ganti masker secara berkala

Ganti masker secara berkala

Ini menjadi salah satu fakta yang sering dilanggar oleh pengguna masker. Usahakan untuk kalian bisa mengganti masker secara berkala, alangkah baiknya sekitar 6-12 jam saja. Jangan gunakan masker yang sudah dipakai kemarin untuk hari ini.

6. PENTING: Pakai masker dengan posisi bagian berwarna di arah luar

PENTING: Pakai masker dengan posisi bagian berwarna di arah luar


Untuk menggunakan masker yang benar, akan percuma kalau tidak mengikuti cara ini. Terdapat sebuah pernyataan yang ternyata hoaks tentang sebuah masker tidak perlu dibalik atau permukaan berwarna dan tidak berwarna sama saja, padahal kenyataannya, masker harus digunakan dengan posisi yang berwarna pada bagian luar.