Kenapa Akun WhatsApp Diblokir Sementara? Ternyata ini solusinya! - Fakta.id

Kenapa Akun WhatsApp Diblokir Sementara? Ternyata ini solusinya!

Last Updated 2022-05-01T02:55:52+00:00

Kalau kamu mendapatkan pesan di dalam aplikasi yang mengatakan bahwa akun kamu sudah diblokir sementara, maka berarti kamu kemungkinan besar sudah menggunakan WhatsApp versi yang tak didukung secara resmi. Ya! Bisa dikatakan kamu menggunakan aplikais WhatsApp abal-abal atau bajakan. 

Alasan lainnya adalah kamu dicurigai sedang mengumpulkan informasi dengan cara yang tak bisa diterima oleh sistem WhatsApp, biasanya disebut dengan istilah 'pengerukan atau scraping'. 

Akun WhatsApp Diblokir Sementara

Perlu diketahui bahwa kalau kamu tidak segera berhenti melakukan hal yang dilarang tersebut di atas, maka bisa saja akun kamu akan dibanned atau diblokir secara permanen oleh WhatsApp.

Ekstraksi informasi atau pengerukan yang dilakukan, baik itu yang ditargetkan kepada seseorang atau dalam skala besar, menggunakan alat otomatis ataupun manual, dilakukan untuk tujuan yang tidak diizinkan maka menjadi perbuatan yang dilarang.

Pelanggaran juga termasuk diantaranya ketika berniat untuk mendapatkan informasi pengguna, misalnya seperti datanomor telepon, gambar profil, serta status WhatsApp yang melanggar ketentuan layanan.

Aplikasi yang Tidak Didukung WhatsApp

Ada beberapa aplikasi bajakan populer yang tidak didukung secara resmi oleh WhatsApp, yaitu WhatsApp Plus, GB WhatsApp, dan aplikasi lainnya yang menggunakan berbagai macam cara agar bisa melakukan hal yang tidak diberikan oleh WhatsApp Official.

Semua aplikasi tersebut di atas merupakan versi WhatsApp yang sudah diubah secara paksa hingga membuat fitur-fitur baru dengan tujuan hanya mendapatkan keuntungan. Aplikasi tidak resmi ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga dan tentu saja melanggar ketentuan layanan WhatsApp.

WhatsApp tak bisa memberikan dukungan aplikasi terhadap pihak ketiga ini oleh karena tidak bisa memvalidasi praktik keamanan aplikasi bajakan tersebut. Jadi, kamu harus berhati-hati ya!

Cara Pindah ke Aplikasi WhatsApp Official

Kalau kamu sudah menggunakan aplikasi WhatsApp yang bukan official, maka ada cara yang harus dilakukan untuk mengembalikannya ke WhatsApp versi resmi. Pertama-tama, kamu harus melakukan backup untuk riwayat dan data yang ada di WhatsApp. 

Selanjutnya, kamu juga harus tahu aplikasi WhatsApp yang digunakan adalah versi apa. Silakan buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih Opsi Lainnya - Setelan - Bantuan - Info Aplikasi.

Nanti di situ akan tertulis versi aplikasi WhatsApp yang sedang kamu gunakan, apakah WhatsApp Plus atau GB WhatsApp.

Jika kamu pakai GB WhatsApp

Jangan sampai ada kesalahan di dalam melakukan backup riwayat chat atau data WhatsApp kamu sebelum mengembalikannya ke WhatsApp versi resmi. Silakan ikuti langkah berikut ini:

  • Buka GB WhatsApp
  • Pilih Opsi Lainnya - Chat - Cadangkan Chat
  • Silakan buka Setelan Telepon - pilih Penyimpanan - File
  • Kamu bisa temukan folder GB WhatsApp yang kemudian dipilih dan tahan untuk bisa memilih folder itu
  • Pada sudut kanan atas, pilih Lainnya - Ubah nama dan ubah nama folder menjadi 'WhatsApp'
  • Buka 'Play Store' lalu unduh aplikasi WhatsApp resmi
  • Verifikasikan nomor telepon
  • Setelah selesai, cari opsi Pencadangan - Pulihkan - Berikutnya
  • WhatsApp selanjutnya akan memuat data riwayat chat kamu

Kalau kamu pakai WhatsApp Plus

Jangan lupa untuk melakukan pencadangan data riwayat chat sebelum mengganti aplikasi WhatsApp versi resminya. Lalu, kamu hanya perlu mengunduh WhatsApp versi aslinya di Play Store, lalu pulihkan data seperti biasa.

Itulah tadi pembahasan tentang kenapa akun WhatsApp kamu diblokir sementara. Jangan sampai kena blokir permanen ya!