Cara Ubah Setelan Privasi Grup di WhatsApp, Ignoring Group Invitation Mengganggu - Fakta.id

Cara Ubah Setelan Privasi Grup di WhatsApp, Ignoring Group Invitation Mengganggu

Last Updated 2022-05-01T01:39:39+00:00

Seperti diketahui bahwa untuk WhatsApp (WA) selalu memberikan izin untuk semua pengguna yang punya nomor telepon kamu maka bisa mengirimkan pesan atau bahkan menambahkan kamu ke dalam grup tanpa seizin kamu terlebih dahulu.

Hal ini serupa dengan bagaimana saat seseorang bisa mengirimi Anda SMS atau email, yang penting mereka punya nomor telepon atau alamat email milik kamu.

Secara umum untuk setelan privasi grup kamu dipasang agar semua orang bisa melakukannya supaya kamu dapat terhubung dengan sangat mudah dengan teman dan keluarga. Walaupun mereka tak ada di dalam daftar kontak kamu.

Tapi tenang saja karena untuk memberikan privasi tambahan, WhatsApp juga menambahkan fitur yang mendukung agar kamu bisa mengendalikan siapa saja yang bisa menambahkan kamu ke dalam grup dengan melakukan pengaturan khusus di WhatsApp.

Cara Ubah Setelan Privasi Grup

  • Pertama, tentu saja membuka Pengaturan atau Setelah di WhatsApp
  • Untuk handphone Android, bisa pilih Setelan - Akun - Privasi - Grup
  • Sedangkan untuk iOS, klik Pengaturan - Akun - Privasi - Grup
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih beberapa opsi yang terpampang di sana (semua orang, kontak saya, kontak saya kecuali)
  • Jika sudah, maka tinggal  selesaikan

Penjelasan untuk pilihan privasi grup

Semua Orang: Siapa saja yang mempunyai nomor telepon kamu, bahkan mereka yang tidak ada di daftar kontak juga bisa memasukkan kamu ke dalam sebuah grup tanpa adanya permintaan persetujuan kamu

Kontak Saya: Hanya nomor telepon di dalam kontak yang bisa melakukan pengundangan grup. Ketika admin grup mencoba untuk mengundang tapi tidak termasuk ke dalam daftar kontak kamu, maka nanti akan muncul pesan yang menyatakan bahwa ada orang hendak menambahkan kamu, tetapi tidak bisa. Selanjutnya, dia akan mempunyai opsi untuk mengundang kamu secara personal yaitu lewat chat individual berupa undangan khusus yang kalau kamu ketuk link tersebut, maka akan mengarah kepada persetujuan kamu bergabung ke dalam grup. Kamu akan memiliki waktu sekitar 3 hari untuk menerima undangan tersebut sebelum kadaluarsa.

Kontak Saya, kecuali: Kamu bisa mengecualikan orang yang mungkin saja mengganggu karena selalu mengundang ke dalam grup yang tidak ingin kamu berada di dalamnya. Kamu dapat memilih salah satu atau beberapa orang yang tidak diizinkan untuk memasukkan kamu ke dalam grup. Yah, terkadang memang kita harus mengecualikan beberapa orang yang benar-benar mengganggu.

Untuk mengubah setelah privasi grup ini tidak bisa dilakukan pada WhatsApp versi web atau desktop, tetapi untuk setelan yang dilakukan akan disesuaikan dengan WhatsApp versi web dan desktop.

Demikianlah cara untuk melakukan perubahan privasi grup yang ada di WhatsApp.