Apa itu XRP? Koin Crypto yang Diprediksi akan jadi 'Godzilla' di Masa Depan - Fakta.id

Apa itu XRP? Koin Crypto yang Diprediksi akan jadi 'Godzilla' di Masa Depan

Last Updated 2021-05-29T03:58:35+00:00

Koin crypto yang kali ini Fakta.id akan bahas adalah tentang koin XRP (Ripple). Sebelum membahas spesifik tentang apa itu XRP, mungkin pertama-tama perlu untuk diketahui tentang apa perbedaan antara XRP, Ripple dan RippleNet. 

Nama Perusahaan: Ripple
Nama Koin: XRP
Peringkat: Top 10
Harga terakhir: $1 - $1.5
Berdiri sejak: 2012
Pendiri: Jed McCaleb dan Chris Larson
Website: xrpl.org

Apa itu XRP?

XRP adalah sebuah mata uang yang berjalan pada platform pembayaran digital yang disebut sebagai RippleNet dan berada pada database 'ledger distributed' yang disebut sebagai XRP Ledger.
Walaupun RippleNet dijalankan oleh perusahaan yang bernama Ripple, XRP Ledger mempunyai sifat 'open-source' dan tak didasarkan pada blockchain, tapi database 'ledger distributed' yang sudah disebutkan sebelumnya.
Sedangkan untuk platform pembayaran RippleNet merupakan Real-time Gross Settlement (RTGS) yang memiliki tujuan untuk memungkinkan transaksi moneter instan secara global.
Walaupun XRP merupakan cryptocurrency asli dari XRP Ledger, tetapi Anda bisa menggunakan mata uang apapun untuk bertransaksi di dalam platform.
Ripple pertama kali disuarakan pada tahun 2004 oleh Ryan Fugger. Tapi barulah pada waktu Jed McCaleb dan Chris Larson mengambil alih proyek itu pada tahun 2012, Ripple mulai dibangun yang pada waktu itu disebut juga sebagai 'OpenCoin'.

Keunggulan

XRP dibuat oleh Ripple agar bisa menjadi alternatif yang sangat cepat, murah dan skalabel untuk aset digital lainnya serta platform pembayaran moneter yang ada, misalnya seperti SWIFT.

RippleNet Ledger dikelola oleh Komunitas XRP Global dengan perusahaan Ripple sebagai anggota aktif. XRP Ledger akan memproses transaksi kira-kira setiap 3-5 detik atau setiap kali node validator independen mencapai konsensus tentang urutan dan validitas transaksi XRP (sebagai lawan dari penambangan 'proof-of-work' yang dilakukan oleh BTC).

Siapapun dapat menjadi validator Ripple. Berdasarkan daftar yang ada, kini Ripple bersama dengan Universitas, Lembaga Keuangan dan sejumlah badan/organisasi lainnya.