Apa itu Stellar (XLM)? Koin Crypto Besutan Jed McCalleb dengan Biaya yang Super Murah - Fakta.id

Apa itu Stellar (XLM)? Koin Crypto Besutan Jed McCalleb dengan Biaya yang Super Murah

Last Updated 2021-06-01T05:43:59+00:00

Stellar atau XLM merupakan jaringan terbuka yang memungkinkan uang bisa dipindahkan atau disimpan. Pada waktu pertama kali dirilis pada Juli 2014 kemarin, tujuan XLM sendiri adalah untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan menjangkau dunia yang tak mempunyai rekening bank. Namun, setelah itu, prioritasnya malah bergeser agar membantu perusahaan keuangan bisa terhubung satu sama lainnya lewat teknologi blockchain.

  • Nama Perusahaan: Stellar
  • Nama Koin: XLM
  • Peringkat: TOP 20
  • Harga terakhir: $0,4 - $0,7
  • Berdiri sejak: Juli 2014
  • Pendiri: Jed McCalleb
  • Website: stellar.org
Stellar (XLM)
Stellar (XLM)

Apa itu Stellar (XLM)?

Stellar mempunyai jaringan token asli bernama lumens yang mempunyai fungsi sebagai jembatan dan membuatnya jauh lebih murah untuk diperdagangkan pada aset lintas batas.

Semua ini memiliki tujuan agar bisa menantang penyedia pembayaran yang ada dan sering kali mengenakan biaya tinggi untuk layanan serupa. Stellar sendiri pada awalnya didasarkan pada protokol Ripple Labs. Blockchain dibuat untuk hasil dari hardfork dan kodenya langsung ditulis ulang.

Jed McCaleb diketahui mendirikan Stellar dengan pengacara, Joyce Kim usai meninggalkan Ripple pada tahun 2013 oleh karena adanya perbedaan visi tentang arah masa depan perusahaan.

McCaleb pernah mengatakan kepada CoinMarketCap pada September 2020, 'Semua desain asli Stellar adalah Anda bisa mempunyai mata uang fiat dan jenis bentuk nilai lainnya yang berjalan secara paralel satu sama lain serta dengan aset kripsi. Ini sangat penting untuk mendorong hal tersebut bisa menjadi arus utama'.

Tujuan dari McCaleb adalah agar bisa memastikan Stellar (XLM) bisa memberi orang cara supaya memindahkan FIAT mereka ke crypto serta menghilangkan 'the friction' yang biasanya dialami orang saat mereka mengirim uang ke seluruh dunia.

Keunggulan

Biaya menjadi poin penting untuk banyak orang tetapi justru berkebalikan dengan yang terjadi di lapangan. Biaya akan menjadi sangat tinggi ketika melakukan pembayaran lintas batas, misalnya seperti Paypal.

Stellar bisa menjadi unggulan karena setiap transaksi hanya dikenakan biaya sebesar 0,00001 XLM. Mengingat bahwa satu unit cryptocurrency hanya berharga beberapa sen saja, ini memastikan bahwa XLM mematok biaya sangat murah dan pengguna bisa menyimpang lebhi banyak uang mereka.