Apa itu Solana (SOL)? Koin Crypto yang Baru 1 Tahun Langsung Tembus Top 20 CoinMarketCap - Fakta.id

Apa itu Solana (SOL)? Koin Crypto yang Baru 1 Tahun Langsung Tembus Top 20 CoinMarketCap

Last Updated 2021-06-01T10:54:14+00:00

Solana adalah sebuah proyek 'open-source' yang mempunyai manfaat besar dengan menggunakan teknologi blockchain tanpa izin untuk menyediakan solusi keuangan terdesentralisasi (DeFi). 

  • Nama Perusahaan: Solana
  • Nama Koin: SOL
  • Peringkat: TOP 20
  • Harga terakhir: $31 - $55
  • Berdiri sejak: Maret 2020
  • Pendiri: Anatoly Yakovenko
  • Website: solana.com
Solana SOL
Solana SOL

Apa itu Solana (SOL)?

Ide awal pengerjaan proyek dimulai pada tahun 2017, tapi Solana baru resmi diluncurkan pada bulan Maret 2020 oleh Solana Foundation dengan kantor yang dipusatkan di Jenewa, Swiss.

Protokol Solana dirancang untuk memfasilitasi pembuatan aplikasi terdesentralisasi, DApp. Ini mempunyai tujuan agar meningkatkan skalabilitas dengan memperkenalkan konsensus 'proof-of-history' atau PoH yang kemudian dikombinasikan dengan konsensus 'proof-of-stake' atau PoS yang mendasari blockchain.

Solana mendapatkan tempat yang cukup baik untuk pedagang kecil dan pedagang institusional karena model konsensus hibrida yang inovatif. Solana Foundation mempunyai fokus untuk membuat keuangan terdesentralisasi bisa diakses dalam skala yang lebih besar lagi.

Anatoly Yakovenko menjadi orang yang berada di balik Solana. Karier profesionalnya diawali pada Qualcomm. Ia berhasil menjadi manajer insinyur dengan cepat di sana. Ia selanjutnya memasuki posisi baru sebagai insinyur perangkat lunak di Dropbox.

Lalu, pada tahun 2017, Ia mulai mengerjakan proyek yang selanjutnya disebut sebagai Solana. Ia bekerjasama dengan rekan Qualcomm, Greg Fitzgerald yang membangun proyek awal bernama Solana Labs.

Solana SOL
Solana SOL

Keunggulan

Salah satu inovasi penting untuk Solana adalah 'konsensus proof-of-history yang dikembangkan oleh Anatoly Yakovenko. Konsep ini memungkinkan skalabilitas protokol yang jauh lebih besar dan nanti pada gilirannya akan meningkatkan kegunaan.

Solana dikenal oleh karena waktu pemrosesannya yang sangat singkat. Protokol hybrid Solana memungkinkan waktu validasi yang berkurang secara signifikan untuk transaksi dan eksekusi smart-contract.

Dengan waktu yang secepat kilat, Solana berhasil mendapatkan minat dari pihak pedagang kecil hingga institusional.