Apa Itu Polygon (MATIC)? Koin Crypto Solusi Penskalaan Layer 2 yang Digarap Jaynti Kanani - Fakta.id

Apa Itu Polygon (MATIC)? Koin Crypto Solusi Penskalaan Layer 2 yang Digarap Jaynti Kanani

Last Updated 2021-06-01T01:20:19+00:00

Matic Network yang kemudian berganti nama menjadi Polygon adalah sebuah platform pertama yang terstruktur dengan baik dan mudah digunakan untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur.

Nama Perusahaan: Polygon

Nama Koin: MATIC

Peringkat: TOP 20

Harga terakhir: $1,6 - $2,4

Berdiri sejak: Oktober 2017

Pendiri: Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal dan Anurag Arjun

Website: polygon.technology

Apa itu Polygon (MATIC)?
Apa itu Polygon (MATIC)?

Apa itu Polygon (MATIC)?

Komponen inti dari MATIC adalah Polygon SD, sebuah kerangka kerja modular dan fleksibel yang memberikan dukungan untuk pembuatan berbagai macam jenis aplikasi.

Ketika kamu menggunakan Polygon maka bisa membuat 'optimistic rollup chains, ZK rollup chains, stand alone chains' atau lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh pengembang.

MATIC secara efektif bisa mengubah Ethereum (ETH) menjadi sistem multi-rantai yang lengkap. Sistem multi-rantai ini sangat mirip dengan yang lainnya seperti Polkadot, Cosmos, Avalance dan lainnya. 

Tapi, dengan catatan bahwa adanya keunggulan keamanan Ethereum, ekosistem yang dinamis dan keterbukaan. Token MATIC pun akan terus ada serta memainkan peran yang semakin penting untuk mengamankan sistem dan memungkinkan menjadi tata kelola.

MATIC menjadi solusi penskalaan Layer 2 yang didukung penuh oleh Binance dan Coinbase. Proyek ini berusaha untuk bisa merangsang adopsi massal cryptocurrency dengan menyelesaikan masalah skalabilitas di banyak blockchain.

Kalau berbicara tentang sejarah, Matic Network pertama kali diluncurkan pada Oktober 2017 sebelum berganti nama menjadi Polygon yang didirikan oleh Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal dan Anurag Arjun. Selain mereka juga ada dua orang pengembang blockchain berpengalaman dan seorang konsultan bisnis yang dirahasiakan identitasnya.

Jaynti mempunyai peran integral di dalam mengimplementasikan protokol Web3, Plasma dan WalletConnet di Ethereum. Ia merupakan seorang full-stack developer dan blockchain engineer yang menjabat sebagai CEO Polygon.

Sandeep Nailwal merupakan seorang programmer dan pengusaha blockchain. Sebelum bersama dengan Polygon, Ia pernah menjadi CEO Scopeweaver dan Chief Technical Officer (CTO) di Welspun Group.

Anurag Arjun menjadi satu-satunya pendiri Polygon yang tidak berdasarkan pemrograman. Ia merupakan seorang manajer produk yang pernah bekerja di IRIS Business, SNL Financial, Dexter Consultancy dan Cognizant Technologies.

Kamu bisa beli Polyton (MATIC) di:

  1. Binance
  2. BiONE
  3. ZebPay
  4. Coinbase Pro
  5. Huobi Global
  6. UniSwap
  7. WhiteBIT, and
  8. Hotbit

Keunggulan

Polyton dideskripsikan sebagai solusi penskalaan Layer 2 yang berarti kalau proyek tak bermaksud untuk meningkatkan lapisan blockchain dalam waktu dekat. Proyek ini memfokuskan pada pengurangan kompleksitas skalabilitas dan transaksi blockchain instan.

Polygon menggunakan versi kerangka kerja Plasma disesuaikan dengan yang dibangun atas dasar 'proof-of-stake' yang dijalankan dengan menggunakan rantai utama dari Ethereum.

Teknologi MATIC memungkinkan setiap 'sidechain' di Polygon mencapai hingga 65.536 transaksi per-bloknya. (fakta.id)