Apa itu Polkadot (DOT), Koin Crypto Garapan Gavin Wood di Web3 Foundation - Fakta.id

Apa itu Polkadot (DOT), Koin Crypto Garapan Gavin Wood di Web3 Foundation

Last Updated 2021-05-29T05:38:47+00:00

Polkadot (DOT) merupakan sebuah protokol 'open-source multichain sharding' yang memberikan fasilitas berupa transfer lintas rantai dari data atau jenis aset lainnya yang tak hanya berupa token sehingga membuat berbagai jenis blockchain bisa dioperasikan satu sama lainnya.

Nama Perusahaan: Polkadot
Nama Koin: DOT
Peringkat: Top 10
Harga terakhir: $25 - $45
Berdiri sejak: Oktober 2017
Pendiri: Dr. Gavin Wood, Robert Habermeier dan Peter Czaban (Web3 Foundation)
Website: polkadot.network

Apa Itu Polkadot (DOT)?

Fitur berupa interoperabilitas ini berusaha untuk membangun situs pribadi bisa terdesentralisasi sepenuhnya, dikendalikan secara langsung oleh penggunanya serta menyederhanaan pembuatan aplikasi, institusi hingga layann baru.

Protokol dari Polkadot memberikan jembatan untuk menghubungkan rantai publik dan pribadi, jaringan tanpa izin, oracle, serta teknologi lain di masa depan yang kemudian memungkinkan blockchain independen ini bisa berbagi informasi dan transaksi yang rentan lewat rantai relai Polkadot (DOT).

Token DOT asli dari Polkadot mempunyai tujuan yang cukup jelas, yaitu:

  1. Menyediakan tata kelola dan operasi jaringan
  2. Membuat parachain (rantai paralel) dengan mengikat

Polkadot (DOT) mempunyai 4 komponen inti, yaitu:

  1. Relay Chain: Membantu menciptakan konsensus, interoperabilitas dan keamanan bersama di semua jaringan rantai yang berbeda
  2. Parachains: Rantai independen yang bisa mempunyai tokennya sendiri dan dimaksimalkan untuk kasus penggunaan tertentu
  3. Parathread: Mirip dengan parachain, namun dengan konektivitas yang fleksibel didasarkan pada model bayar sesuai dengan pemakaian yang ekonomis
  4. Bridges: Memungkinkan untuk parachain dan parathread agar bisa terhubung satu sama lain lalu berkomunikasi dengan blockchain eksternal seperti Ethereum

Keunggulan

Seperti diketahui bahwa CEO Web3 Foundation merupakan Gavin Wood yang menjadi salah satu pendiri Ethereum. Tak hanya itu saja, Ia juga merupakan pendiri dari Parity Technologies dan pencipta bahasa pengodean smart-contract Solidity.
Polkadot didirikan oleh Web3 Foundation, Swiss Foundation yang didirikan untuk memfasilitasi web desentralisasi yang berfungsi penuh dan ramah pengguna, sebagai proyek sumber terbuka.
Sedangkan Habermeier merupakan anggota dari Thiel dan peneliti serta pengembang blockchain dan cryptography yang handal. Lalu Czaban merupakan Direktur Teknologi Yayasan Web3. Ia mempunyai pengalaman yang sangat luas di industri fintech dan sangat terspesialisasi. Kini, Ia membantu mengembangkan generasi baru teknologi 'distributed'.
Keunggulan dari Polkadot (DOT) sendiri adalah jaringan multichain dengan shared yang berarti bisa memproses banyak transaksi di sejumlah rantai secara paralel. Kekuatan proses paralel ini akan meningkatkan skalabilitas.