Apa itu Chainlink (LINK)? Koin Crypto yang Digarap oleh Sergey Nazarov - Fakta.id

Apa itu Chainlink (LINK)? Koin Crypto yang Digarap oleh Sergey Nazarov

Last Updated 2021-05-29T11:43:07+00:00

Chainlink (LINK) merupakan lapisan abstraksi blockchain yang memungkinkan smart-contract bisa terhubung secara universal. Melalui jaringan oracle yang terdesentralisasi, Chainlink berupaya agar blockchain bisa secara aman berinteraksi dengan umpan data eksternal, event, dan metode pembayaran dengan memberi informasi off-chain penting yang sekiranya dibutuhkan oleh smart-contract agar bisa menjadi bentuk dominan dari perjanjian digital. 

Seperti kita ketahui bahwa smart-contract adalah sesuatu yang kompleks.

  • Nama Perusahaan: Chainlink
  • Nama Koin: LINK
  • Peringkat: Top 15 
  • Harga terakhir: $27 - $45
  • Berdiri sejak: 2017
  • Pendiri: Sergey Nazarov
  • Website: chain.link

Apa itu Chainlink (LINK)?

Chainlink Network digerakkan oleh sebuah komunitas penyedia data open-source yang sangat besar, operator node, pengembang smart-contract, peneliti, auditor keamanan serta banyak lainnya.

Perusahaan akan memfokuskan diri untuk bisa memastikan kalau partisipasi terdesentralisasi dijamin untuk semua operator node dan pengguna yang ingin berkontribusi ke jaringan.

Sergey Nazarov merupakan pendiri dan sekaligus CEO Chainlink Labs. Ia lulus dengan gelar bidang administrasi bisnis di Unversitas New York. Ia pun mengaku fokus pada filsafat dan administrasi.

Ia kemudian menjalani karier profesionalnya sebagai pengajar di NYU Stern School of Business. Lalu, pada tahun 2009, Ia mendirikan ExistLocal, pasar peer-to-peer untuk pengalaman lokal yang autentik.

Hingga pada akhirnya di tahun 2014, Ia mendirikan CryptaMall, sebuah layanan email dengan basis blockchain yang sepenuhnya terdesentralisasi. Ia juga sempat bekerjasama dengan Steve Ellis dan meluncurkan SmartContract. Sebuah platform yang menghidupkan smart-contract dengan menghubungkannya ke data eksternal dan pembayaran bank yang diterima secara luas.

SmartContract adalah menjadi salah satu wirausaha yang mmebawa Sergey Nazarov kemudian mendirikan Chainlink.

Keunggulan

Chainlink merupakan salah satu jaringan pertama yang memungkinkan adanya integrasi data off-chain ke dalam smart-contract. Dengan banyak mitra yang bisa dipercaya, Chainlink menjadi salah satu pemain utama di bidang pemrosesan data.
Oleh karena integrasi data off-chain, Chainlink sudah menarik perhatian banyak penyedia data yang terpercaya, termasuk diantaranya adalah Brave new Coin, Alpha Vantage, dan Houbi.
Penyedia data bisa menjual akses ke data langsung di Chainlink hingga memonetisasi informasi yang mereka punya. 
Chainilink juga memungkinkan pengguna menjadi operator node dan mendapatkan pendapatan dengan menjalankan infrastruktur data penting yang dibutuhkan untuk kesuksesan blockchain.
Chainlink menggunakan cukup banyak koleksi operator node untuk secara koleksif mendukung berbagai jaringan oracle Price Feed terdesentralisasi yang sedang diproduksi. Kini diketahu sedang mengamankan miliaran nilai untuk aplikasi DeFi terkemuka seperti AAVE, Synthetix, yEarn dan lainnya.