Apa itu Bitcoin Dominance? Kapan BTC Dominance dikatakan Berbahaya? - Fakta.id

Apa itu Bitcoin Dominance? Kapan BTC Dominance dikatakan Berbahaya?

Last Updated 2021-06-02T02:30:29+00:00

Bitcoin Dominance atau Dominasi Bitcoin menjadi salah satu faktor penting untuk setiap orang yang bermain di market crypto. Ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan agar tidak melakukan kesalahan dalam pengambilan langkah.

Kapitalisasi pasar bitcoin hingga kini tetap menjadi ilustrasi yang sangat kuat tentang ukuran cryptocurrency terbesar di dunia. Kekuatannya bisa dikatakan sebanding dengan total cryptocurrency lainnya.

Mungkin ada sejumlah proyek yang mempunyai tujuan untuk menantang dominasi dari bitcoin, misalnya seperti Ethereum yang menawarkan aplikasi yang penuh dengan kecanggihan untuk teknologi blockchain daripada penciptaan koin yang hanya menyimpan nilai.

Namun untuk saat ini, dominasi bitcoin masih belum bisa dikalahkan oleh koin crypto manapun.

Marketcap
Market Cap

Pengaruh BTC Dominance untuk market crypto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau dominasi bitcoin masih menjadi pilar utama untuk menentukan bagaimana pergerakan angka di market crypto. Apabila semua crypto digabungkan, maka total market cap yang dimiliki adalah senilai $1,59 triliun.

Sedangkan untuk total marketcap bitcoin saja, totalnya mencapai $673 miliar. Lalu, bagaimana cara menghitung Bitcoin Dominance?

Caranya adalah dengan membagi total market cap bitcoin dan market cap keseluruhan cryptocurrency yang ada.

Persentasi dominasi bitcoin: $673 miliar : $1,59 triliun = 42%

BTC Dominance: 42% (Ketika artikel ini dipublikasikan)

Market Cap (No-bitcoin)
Market Cap (No-bitcoin)

Kapan BTC Dominance akan berbahaya?

Dominasi bitcoin bisa dikatakan masuk dalam kategori berbahaya saat memasuki angka persentase, 35%. Ini karena kalau sudah turun hingga mencapai angka 35%, maka BTC.D dipastikan akan naik

Ketika BTC.D sudah naik, maka secara otomatis harga dari bitcoin akan turun. (Warisno)