Apa itu Bitcoin Cash (BCH)? Sistem Uang Elektronik 'Peer-to-peer' dengan Pembayaran Cepat - Fakta.id

Apa itu Bitcoin Cash (BCH)? Sistem Uang Elektronik 'Peer-to-peer' dengan Pembayaran Cepat

Last Updated 2021-05-29T10:55:22+00:00

Bitcoin Cash adalah sebuah sistem uang elektronik 'peer-to-peer' yang mempunyai tujuan untuk menjadi uang global yang sehat dengan pembayaran cepat, biaya mikro, privasi dan kapasitas transaksi yang tinggi (blok besar).

Nama Perusahaan: Bitcoin Cash
Nama Koin: BCH
Peringkat: Top 15
Harga terakhir: $600 - $1.500
Berdiri sejak: 2017 (BTC pecah karena kekhawatiran tentang skalabilitas BTS lalu terciptalah BTC Cash)
Pendiri: BTC
Website: bch.info

Apa itu Bitcoin Cash (BCH)?

Dengan menggunakan cara yang sama seperti uang fisik (dolar), diserahkan secara langsung kepada orang yang dibayar, pembayaran Bitcoin Cash (BCH) dikirim secara langsung dari orang ke orang lainnya.

Sebagai cryptocurrency tanpa izin dan terdesentralisasi, BCH tak memerlukan pihak ketiga terpercaya dan juga tidak membutuhkan adanya bank sentral. Tak seperti uang flat tradisional, BCH tak bergantung pada perantara moneter, seperti bank dan pemroses pembayaran.

Transaksi tidak bisa disensor oleh pemerintah atau perusahaan terpusat lainnya. Begitu juga dengan dana yang tidak bisa disita atau dibekukan karena pihak ketiga keuangan tidak punya kendali atas jaringan Bitcoin Cash.

Keunggulan

Bitcoin Cash (BCH) menggabungkan kelangkaan seperti emas dengan sifat uang yang bisa dibelanjakan. Dengan total pasokan terbatas, yaitu hanya 21 juta koin, Bitcoin Cash terbukti langka dan seperti uang tunai dan bisa digunakan dengan mudah.
Transaksi yang cepat dengan biaya transaksi biasanya kurang dari sepersepuluh sen. Siapapun bisa menerima pembayaran Bitcoin Cash dengan smartphone atau komputer.
Tak hanya pembayaran 'peer-to-peer' saja, tetapi juga bisa membayar pedagang yang berpartisipasi untuk barang dan jasa di dalam toko dan secara online. Biaya yang sangat rendah memungkinkan ekonomi transaksi mikro baru seperti memberi tip untuk pembuat konten dan memberi penghargaan untuk pengguna aplikasi. Selain itu, BCH juga mempunyai keunggulan dengan pengurangan biaya dan waktu penyelesaian untuk pengiriman uang dan perdagangan lintas batas. 
Kasus penggunaan lainnya adalah termasuk token, smart-contract yang disederhanakan serta pembayaran pribadi dengan alat seperti CashShuffle dan CashFusion.