17 Fakta The Beatles yang Wajib Diketahui Para Pecintanya - Fakta.id

17 Fakta The Beatles yang Wajib Diketahui Para Pecintanya

Last Updated 2019-12-12T06:35:34+00:00
17 Fakta The Beatles yang Wajib Diketahui Para Pecintanya

Fakta The Beatles - Nama The Beatles di dunia musik akan selalu terkenang hingga kapan pun. Lagu-lagu mereka masih terus diputar di mana-mana. The Beatles memang menjadi ikon istimewa yang tidak mungkin dilupakan oleh dunia. Banyak fakta Thea Beatles menarik yang mungkin belum diketahui. Di bawah ini, terdapat fakta-fakta yang rasanya wajib diketahui oleh para pecintanya.

Fakta The Beatles
The Beatles

Fakta The Beatles Paling Dasar

Ini dia fakta paling dasar seputar perjalanan terbentuknya The Beatles.

1. Awal Dibentuk oleh John Lennon dengan Nama The Quarrymen

The Beatles terbentuk atas ide dan gerakan John Lennon. Awal mulanya dia membentuk banda dengan nama The Quarrymen di tahun 1957. Paul McCartney menjadi orang kedua yang bergabung bersama Lennon. Dia pun mengajak temannya, George Harrison untuk bergabung beberapa bulan setelahnya. Baru di tahun 1960-an, Stuart Sutcliffe, teman Lennon melengkapi formasi.

Di tahun yang sama The Beatles mulai memiliki banyak tawaran tampil, sehingga mereka pun semakin melengkapi formasi dengan gabungnya Pete Best untuk memegang posisi sebagai drummer. Setahun berikutnya Sutcliffe keluar dari band karena fokus dengan study. Seiring berjalan karier mereka, terjadi sedikit keretakan yang membuat Best dipecat. Masuklah Ringo Starr sebagai penggantinya.

2. Tidak Bisa Dipisahkan dari Liverpool

The Beatles dengan Liverpool yang menjadi kota di mana mereka mulai bergerak mengejar mimpi mereka di dunia musik memang tidak bisa dipisahkan. Tidak heran bila sampai saat ini Liverpool menjadi satu kota destinasi para penggemar The Beatles.

3. Para Personil The Beatles Tidak Bisa Baca Not Balok

Walau mulai bermusik sejak remaja dan bersungguh-sungguh mendalaminya, para personil tidak ada yang bisa membaca not balok. Mereka memang memiliki jiwa bermusik dari dalam hati mereka, bukan karena teori atau mendapatkannya karena program belajar.

4. Lebih dari 10 Lagu The Beatles Pernah masuk Tangga Lagu Billboard Secara Bersamaan

Pada Bulan April, 1964, lebih dari 10 lagu milik mereka berhasil masuk ke tanggal lagu Billboard bersamaan. Tepatnya ada 14 lagu di antaranya ‘Can’t Buy Me Love’, ‘She Loves You’, ‘Please Please Me’, ‘I Want to Hold Your Hand’, dan lain-lain.

5. Gaya Rambut Khas Personil The Beatles Disebut German Exi

Pasti sudah sangat familiar dengan tampilan rambut khas milik personil The Beatles, bukan? Model rambut tersebut dinamakan German Exi yang awalnya dicetuskan oleh pacar Sutcliffe, Astrid Kirchherr.

6. Cara Berpakaian The Beatles Mulai Rapi Sejak Dibimbing oleh Brian Epstein

Di tahun 1961, para personil bertemu dengan seorang pengusaha rekaman, Brian Epstein yang berperan sebagai ‘ayah’ bagi mereka. Epstein yang membantu mereka memproduksi musik lebih banyak dan berkualitas, mengenalkan mereka pada para produser dan label rekaman. Dia pula yang memberi masukan pada The Beatles untuk merapikan cara berpakaian mereka.

7. Mendapat Kontrak Rekaman Pertama Sebagai Band Pendamping

Sebelum kenal Epstein, The Beatles sendiri sudah berhasil mendapat tawaran rekaman pertaman mereka dengan posisi band pendamping seorang penyanyi gitaris rock di Jerman. Single rekaman tersebut bernama ‘My Bonnie’.

8. Merilis LP (Long Playing Records) Pertama di Tahun 1963

The Beatles kian dikenal dan semakin produktif dalam bermusik. Mereka pun merilis album pertama dalam bentuk LP yang diproduseri oleh George Martin. LP ini bertajuk ‘Please Please Me’.

9. Melangkah Lebih Luas dengan Mengadakan Tour Konser di Swedia

Swedia menjadi negara berikutnya atau menjadi langkah besar yang diambil The Beatles setelah sukses mengadakan pertunjukan di Liverpool dan Hamburg. Konser di Swedia ini menjadi saksi awal mereka melangkah lebih jauh lagi.

10. Penampilan Mereka di The Ed Sullivan Ditonton Sekitar 40% Populasi di Amerika

Ketenaran The Beatles tidak tertahankan. Hingga hadirnya mereka pertama kali untuk tampil di The Ed Sullivan menyita perhatian sangat tinggi.

Fakta Lainnya Seputar Perjalanan dan Kehidupan pribadi The Beatles

Beberapa fakta The Beatles lainnya sebagai berikut.

11. Debut di dunia film melalui “A Hard Day’s Night” yang rilis tahun 1964.

12. Dalam ‘Rubber Soul’ di tahun 1965, The Beatles memasukan warna baru dalam lagu-lagunya yang mana banyak dipuji oleh para penggemar.

13. John Lennon sempat dikritik atas komentarnya yang mengatakan bahwa The Beatles lebih populer dari Tuhan (Yesus). Dia pun langsung meminta maaf.

14. The Beatles memutuskan fokus memproduksi musik dan berhenti menggelar konser di Tahun 1966.

15. Ketenaran The Beatles disebut sebagai bentuk revolusi dunia musik setelah Elvis Perseley.

16. Kematian Brian Epstein dianggap penyebab The Beatles mulai mengalami ketidakstablian.

17. Album ‘Abbey Road’ dan ‘Let it be’ menjadi dua album terakhir dari The Beatles sebelum benar-benar bubar.

Perjalanan karier dan kisah para personilnya memang penuh naik turun. Sampai saat ini The Beatles menjadi band besar yang melegenda dengan jumlah fans yang tidak sedikit, menyebar di seluruh dunia.