12 Fakta Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui - Fakta.id

12 Fakta Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui

Last Updated 2020-01-24T09:56:42+00:00
12 Fakta Virus Corona yang Wajib Kalian Ketahui

Selamat datang di Fakta.id untuk mendapatkan fakta-fakta terbaru yang kali ini akan membahas tentang virus corona yang berhasil membuat heboh seluruh dunia.

Viros Corona berhasil membuat heboh dunia dengan penyakit yang diakibatkannya hingga membuat beberapa orang yang terjangkit meninggal dunia. Penyakit baru yang mengejutkan ini diketahui berasal dari China.

Ada beberapa fakta terbaru yang didapatkan oleh Fakta.id mengenai virus baru yang berbahaya ini, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai virus corona yang wajib kalian ketahui:

1. Berasal dari Kota Wuhan di China

Virus Corona di Wuhan

Fakta pertama dari virus corona yaitu virus yang mempunyai kemampuan hingga melenyapkan nyawa manusia yang terjangkit olehnya ini diketahui berasal dari Kota Wuhan di China.

2. Muncul dari Hewan Liar yang ada di Pasar Seafood Huanan

Katak

Untuk sementara ini, fakta kedua mengenai virus corona ini ternyata berasal dari hewan liar berupa kelelawar dan ular yang dijual di dalam Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China. Menurut informasi yang dikumpulkan oleh tim Fakta.id, pasar tradisional itu memperjualbelikan barang kebutuhan sehari-hari. Namun di sana juga ada pedagang yang cukup unik termasuk hewan liar hidup yang diperjualbelikan secara bebas.

3. Orang di China suka mengonsumsi hewan liar

Sup China

Seperti disalin Fakta.id dari South China Morning Post, Hu Xingdou, seorang ekonom politik independen menjelaskan bahwa orang di China memang suka menyantap hewan liar dan eksotis karena budaya.

“Orang China melihat makanan sebagai suatu kebutuhan utama. Karena kelaparan adalah ancaman yang besar dan bagian tak terlupakan dari sejarah negeri ini,” terangnya.

“Mungkin banyak orang China yang tak lagi bermasalah dalam hal makanan. Namun memakan daging, organ, atau bagian dari hewan atau tumbuhan langka telah menjadi identitas bagi sebagian orang,” sambungnya.

4. Orang China menilai bahwa hewan liar lebih bernutrisi

Sup Ular

Pernyataan dari Mothership Singapore menjelaskan kalau orang-orang yang berasal dari China menilai bahwa hewan liar mempunyai nutrisi yang lebih besar jika dibandingkan dengan hewan jinak.

5. Sup Kelelawar berarti Keberuntungan

Sup Kelelawar

Satu mangkuk sup kelelawar diberi nama 'Fu' yang kalau diartikan dalam bahasa Mandarin berarti 'Keberuntungan dan Nasib yang Baik'. Oleh karena itulah banyak orang China yang suka mengonsumsi makanan berbahan dasar hewan tersebut.

6. Ratusan orang terjangkit penyakit dan puluhan orang meninggal dunia

Korban Virus Corona

Fakta selanjutnya mengenai virus corona ini sudah menjangkit lebih dari ratusan orang serta puluhan penderita sudah meninggal dunia. Masih belum didapatkan data pasti mengenai berapa jumlah penderita virus ini. Namun sepertinya akan terus bertambah mengingat belum ada penanganan yang tepat serta vaksin yang masih belum ada untuk virus ini.

7. Virus Corona sudah menyebar ke Negara Lain

Virus Corona Menyebar ke Negara lain

Bukan cuma di China saja, fakta terbaru menyatakan bahwa virus corona sudah menyebar hingga ke Thailand, Hong Kong, Macau, Taiwan, Jepang, Vietnam, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

8. Virus Corona Bukan hanya merugikan kesehatan, tapi juga keuangan

Kerugian akibat Virus Corona

Tak cuma di bidang kesehatan saja, ternyata virus ini juga berdampak pada ekonomi sebuah negara, termasuk Indonesia. Bank Indonesia (BI) mengatakan bahwa aliran modal keluar atau capital outflow di Indonesia sudah mencapai Rp980 miliar.

Kondisi tersebut tidak lepas dari sentimen kurang baik mengenai merebaknya wabah virus corona ini.

"Kenaikan (kekhawatiran investor) ada di pasar karena berita-berita mengenai Virus Corona. Kelihatan sekali, karena ada penurunan harga saham yang kemudian ada outflow sedikit mengenai Rp0,98 triliun di minggu ini," terang Gubernur BI Perry Warjiyo.

9. Penyakit dari Virus Corona mengingatkan kita pada SARS

Corona x SARS

Fakta kesembilan mengenai virus corona ini adalah penyebaran virus corona mirip dengan Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS yang telah menewaskan lebih dari 650 orang di China dan Hong Kong pada 2002-2003 silam.

10. China membangun Rumah Sakit Khusus

Oleh karena sudah ada ratusan orang yang terjangkit virus corona ini, otoritas di China kemudian membangun sebuah rumah sakit khusus. Rumah Sakit tersebut akan bisa menampung sekitar 1.000 orang.

Rumah Sakit Virus Corona

Rumah sakit ini akan dibangung dengan luas tanah 25 ribu meter persegi dan dijadwalkan akan bisa selesai sepenuhnya pada 3 Februari besok.

"Pembangunan proyek ini untuk mengatasi kekurangan sumber daya medis yang sudah ada. Karena ini akan menjadi gedung-gedung prefabricated, ini tidak hanya akan dibangun dengan cepat tapi juga tidak memakan banyak biaya," pernyataan dari laporan Changjiang Daily yang disalin tim Fakta.id.

11. Belajar dari pengalaman menghadapi SARS

Rumah Sakit SARS

China diketahui bukan cuma kali ini menghadapi masalah virus serupa, pada tahun 2003 kemarin, mereka juga pernah mengalami kasus serupa, yaitu SARS. Dulu China membangun rumah sakit khusus untuk mengatasinya, yaitu RS Xiaotangshan yang dibangun hanya dalam kurun waktu 1 minggu.

"Itu menciptakan keajaiban dalam sejarah ilmu medis," ungkap Changjiang Daily di dalam pernyataannya.

12. Gejala penyakit Virus Corona

Gejala Virus Corona

Adapun beberapa gejala dari penyakit mematikan yang baru saja menghebohkan dunia ini mirip dengan pneunomia yaitu sesak nafas yang disertai dengan demam tinggi. Biasanya juga diikuti dengan flu hingga membuat banyak orang menganggap bahwa ini penyakit biasa.

13. Wuhan dan Huanggang telah diisolasi oleh pemerintah China

Wuhan diisolasi karena Virus Corona

Fakta terakhir mengenai virus corona ini yaitu otoritas dari China sudah menutup dua Provinsi Hubei sekaligus, yaitu Wuhan dan Huanggang agar bisa mengendalikan penyebaran virus tersebut.