Kenapa Army disebut fandom toxic? Biar Paham, Masuk Sini deh - Fakta.id

Kenapa Army disebut fandom toxic? Biar Paham, Masuk Sini deh

Last Updated 2021-01-05T13:53:11+00:00

Toxic merupakan sebuah istilah yang sering diberikan kepada orang-orang dengan influence kurang baik. Istilah toxic ini sering dialamatkan kepada ARMY, penggemar BTS. Tapi apakah benar demikian? Kenapa ARMY disebut fandom toxic?

Kenapa ARMY disebut fandom toxic?

Sebenarnya ada beberapa alasan yang menjadi dasar dari cukup banyak netizen yang melihat, mendengar, mengetahui tentang informasi tabu mengenai kenapa ARMY disebut fandom toxic. 

ARMY merupakan sebuah fandom saat ini bisa dibilang sebagai yang paling besar anggotanya. Oleh karena itu ada banyak sekali kalangan yang termasuk di dalamnya.

Mulai dari yang pintar, kaya, miskin, biasa saja, penyabar, tukang marah-marah, asik, keren, seru, menyebalkan, dan lain sebagainya. Pokoknya ARMY merupakan fandom dengan anggota macam genre/sifat.

Namun sayang sekali karena banyak orang menganggap bahwa ARMY sebagai fandom toxic hanya karena segelintir penggemar BTS yang melakukan sesuatu hal kurang baik. Mereka melakukan generalisasi atas apa yang dilakukan oleh sedikit ARMY sebagai cerminan dari ARMY itu sendiri secara keseluruhan.

Adapun mungkin beberapa alasan kenapa ARMY disebut sebagai fandom toxic diantaranya karena beberapa kelakuan yang 'mungkin' dilakukan oleh sedikit anggota fandom seperti:

  • Sering mengajak war fandom-fandom lain
  • Tidak terima kalau idolanya dikritik
  • Menyerang orang/kelompok dengan alasan yang kurang jelas
  • Egois dan ingin menang sendiri
  • Hal-hal kurang etis lainnya

Tapi sekali lagi perlu dicatat bahwa perbuatan itu hanya dilakukan oleh segelintir ARMY saja. Kalau dipikir kembali ini merupakan sesuatu yang wajar dan rasanya seluruh anggota fandom/penggemar pasti punya kalangan yang seperti ini.

Hanya saja, mungkin karena memang fans BTS, ARMY merupakan yang terbesar hingga selalu menjadi sorotan maka bisa terlihat lebih menonjol. Padahal ada banyak kok ARMY-ARMY yang kalem, pintar, berwibawa, asik, dan gak toxic sama sekali.